home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Kontak
Pengaduan Internal
Email Pengaduan
WiSe Kemenkeu
Pengaduan Gratifikasi Online (GOL KPK)
Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR)
Contoh Penerapan Focus Group Discussion
Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan
Kamis, 24 November 2022 11:09 WIB
Berikut contoh penerapan metode FGD:
1. Sebelum sesi dimulai, penyelenggara menyambut peserta dan menyediakan makanan/kudapan ringan sembari membangun hubungan dengan peserta, penyelenggara memberikan gambaran singkat tentang apa yang dilakukan selama sesi FGD. 2. Di awal sesi, moderator memperkenalkan diri dan memperkenalkan petugas pencatat. Moderator kemudian melanjutkan dengan menjelaskan dan meminta persetujuan terkait privasi. 3. Moderator kemudian memberikan panduan umum pelaksanaan FGD dan memberikan lingkungan yang nyaman agar setiap peserta dapat ikut berpartisipasi. 4. Moderator memberikan pertanyaan pembuka berupa perkenalan peserta dan keterkaitan dan pengalaman dengan subjek yang dibahas. 5. Moderator melanjutkan dengan pertanyaan yang mulai mengerucut ke topik bahasan tetapi masih bersifat umum. 6. Moderator menggunakan komunikasi nonverbal dan menggunakan pendalaman untuk meningkatkan interaksi dan membuat peserta nyaman dalam memberikan pendapatnya. 7. Setelah pertanyaan pembuka, moderator melanjutkan ke pertanyaan yang lebih spesifik dengan tujuan penelitian. Interaksi antarpeserta lebih banyak berupa partisipasi. 8. Moderator melanjutkan dengan pertanyaan penutup tentang masukan terkait subjek penelitian. 9. Moderator mengakhiri sesi dengan memberikan informasi tentang hasil kegiatan dan mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan FGD.
Contoh lain dalam memoderasi FGD juga dapat ditemukan pada pranala berikut: https://bit.ly/KCMetodeFGD2
Sesuai sumber yang diadaptasi di lingkungan Kementerian Keuangan sejalan dengan PMK Nomor 226/PMK.011/2019 tentang Manajemen Pengetahuan di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik