home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Pelatihan Jarak Jauh
Pelatihan Klasikal
Open Class
BDK Podcast Mappakoe
Dashboard Pelatihan
Kalender Pembelajaran
Pojok Keuangan BDK Makassar
Peningkatan Kualitas Layanan: BDK Makassar Tindak Lanjuti Rekomendasi Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2025
Balai Diklat Keuangan Makassar
Jumat, 28 November 2025 09:22 WIB
Makassar, 28 November 2025 – Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BDK) Makassar secara konsisten berupaya meningkatkan mutu pelayanan publik. Komitmen ini diwujudkan melalui tindak lanjut atas rekomendasi yang diperoleh dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2025. Matriks tindak lanjut yang telah disusun menjadi pedoman bagi BDK Makassar dalam melakukan perbaikan berkelanjutan.
Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Makassar menyadari bahwa setiap masukan dari masyarakat pengguna layanan merupakan indikator penting dalam pembenahan internal.
Berikut adalah rincian tindak lanjut yang telah dilaksanakan berdasarkan rekomendasi SKM 2025:
1. Integrasi Aplikasi Pelatihan Jarak Jauh (PJJ)
Rekomendasi yang masuk terkait layanan PJJ adalah perlunya pembuatan satu aplikasi terpadu yang memuat materi, kuis, dan evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah peserta dalam mengakses dan mengisi seluruh komponen pelatihan.
Sebagai tindak lanjut, BDK Makassar berkomitmen mendukung dan menggunakan aplikasi manajemen pembelajaran yang telah disediakan oleh Sekretariat Badan, yaitu KLC Office. Peserta pelatihan diarahkan untuk melakukan registrasi, mengakses materi, dan kuis hanya melalui aplikasi Kemenkeu Learning Center (klc2.kemenkeu.go.id). Komitmen ini telah dilaksanakan di mana PIC sudah menggunakan KLC Office sejak Agustus 2025, dan peserta tidak lagi diarahkan untuk registrasi di aplikasi lain (Semantik) pada beberapa pelatihan.
2. Percepatan Penerbitan Sertifikat
Masyarakat pengguna layanan (peserta pelatihan) menyarankan agar penerbitan sertifikat pelatihan dapat diselesaikan maksimum 7 (tujuh) hari kerja sejak selesainya pelatihan.
Menanggapi hal ini, BDK Makassar telah dan akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan administrasi penerbitan sertifikat. Untuk pelatihan jenis Open Access (OA), penerbitan sertifikat sudah dapat dilakukan secara langsung. Meskipun sesuai peraturan, norma waktu penerbitan sertifikat adalah 30 hari setelah pelatihan berakhir, PIC akan berusaha menuntaskan administrasi dalam waktu yang lebih cepat. Pada praktiknya, di BDK Makassar sudah ada beberapa sertifikat yang selesai 7 hari kerja (HK) sejak pelatihan selesai
3. Penyesuaian Zona Waktu Pelatihan
Rekomendasi selanjutnya adalah agar BDK Makassar dapat mempertimbangkan pembagian zona waktu pelatihan jarak jauh (PJJ), yang disesuaikan dengan zona waktu dimana peserta berada.
Kami sampaikan bahwa pembagian zona waktu merupakan wewenang dari Pusdiklat pemilik program. Namun demikian, BDK Makassar telah mengambil inisiatif untuk menyesuaikan jadwal pelatihan dengan zona waktu mayoritas peserta maupun zona waktu pengajar. Langkah ini telah terealisasi, di mana penyesuaian jadwal dengan zona waktu peserta sudah dilakukan ketika rapat persiapan pelatihan. Contohnya, pada Pelatihan Dasar, terdapat pembagian kelas menjadi 1 kelas dengan zona waktu WIB dan 1 kelas dengan zona waktu WITA/WIT, menyesuaikan peserta.
Pelaksanaan tindak lanjut ini menegaskan komitmen BDK Makassar dalam melakukan upaya perbaikan berkelanjutan atas kualitas layanan di BDK Makassar. BDK Makassar berharap upaya ini dapat menghasilkan layanan yang semakin optimal dan berorientasi pada kepuasan pengguna.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik