home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Instagram
Facebook
Twitter
Youtube
Layanan Informasi Publik
Daftar Informasi Publik
Layanan Informasi dan Pengaduan di BDK Balikpapan
Wawancara dan Tujuannya
Balai Diklat Keuangan Balikpapan
Selasa, 30 Agustus 2022 13:59 WIB
Salah satu metode yang paling sering digunakan untuk menggali pengetahuan adalah metode wawancara. Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Wawancara dapat terjadi dalam beragam situasi, dan ditujukan untuk berbagai tujuan. Misalnya, wawancara kerja ditujukan untuk mengetahui potensi pelamar, wawancara survei dilakukan untuk mengetahui pendapat responden atas suatu topik, wawancara TV diselenggarakan untuk meminta pandangan dari praktisi, dan lain sebagainya.
Dalam penggunaannya dalam pendokumentasian pengetahuan, metode wawancara akan difokuskan pada wawancara yang ditujukan untuk mengumpulkan atau menggali pengetahuan dari para ahli (experts) yang dianggap bermanfaat untuk didokumentasikan, diolah, dan dibagikan kepada orang lain.
Secara umum, wawancara bertujuan menggali data dan informasi dari narasumber atau para ahli. Wawancara merupakan metode yang cocok digunakan untuk menggali pengetahuan, terutama tacit knowledge yang dimiliki seseorang yang akan meninggalkan organisasi, baik itu karena pensiun, mutasi atau perpindahan kerja, maupun berhenti bekerja.
Sumber: AGENDA SETTING BPPK (29 Agustus-4 September 2022) Nomor: AS-32/BPPK/2022
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik