home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Instagram
Facebook
Twitter
Youtube
Layanan Informasi Publik
Daftar Informasi Publik
Layanan Informasi dan Pengaduan di BDK Balikpapan
Menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD)
Balai Diklat Keuangan Balikpapan
Senin, 19 Desember 2022 14:20 WIB
FGD dilakukan oleh moderator dan tim pencatat. Moderator memfasilitasi diskusi kelompok, sedangkan pencatat mencatat isu-isu kunci yang diangkat. Seorang moderator yang terampil diperlukan untuk memfasilitasi diskusi, mengelola dinamika kelompok, dan secara efektif menyelidiki peserta untuk menghasilkan data yang dapat digunakan. Hennink (2014:70-71) menjelaskan peran moderator diringkas sebagai berikut: (diadaptasi dari Hennink et al., 2011: 155–166).
1) Memberikan informasi - Memperkenalkan pencatat - Menjelaskan tujuan penelitian - Menginformasikan secara garis besar bagaimana diskusi akan dilakukan - Memberitahukan durasi diskusi (misal, 60 atau 90 menit) - Menjawab pertanyaan peserta
2) Menjelaskan Masalah Etis - Menjelaskan bahwa partisipasi bersifat sukarela - Mengonfirmasi persetujuan untuk partisipasi - Memastikan kerahasiaan diskusi dan data - Meminta izin untuk merekam diskusi
3) Meningkatkan Kepaduan Kelompok - Memperkenalkan semua peserta - Menciptakan lingkungan yang nyaman dan permisif - Mengembangkan hubungan dengan peserta (misalnya, menggunakan gaya informal yang ramah)
4) Mengelola Dinamika Kelompok - Mencari kontribusi dari semua peserta - Mendorong peserta yang pendiam dan mengelola anggota yang dominan - Menumbuhkan rasa hormat terhadap pandangan yang berbeda
5) Memfasilitasi Diskusi - Mendorong diskusi antar peserta - Mencari berbagai pandangan dan pengalaman - Menjajaki untuk mencari kedalaman dan detail dalam tanggapan - Menampilkan bahasa tubuh yang positif untuk mendorong diskusi - Mendengarkan isu yang diangkat dan mengikuti petunjuk untuk diskusi - Menjaga agar diskusi tetap fokus pada topik penelitian - Menentukan apakah tanggapan memberikan informasi yang cukup untuk setiap topik - Memancing isu dan opini baru - Memvariasikan teknik moderasi untuk memperluas atau mempersempit diskusi - Memantau waktu dan kecepatan diskusi
6) Mendengarkan Secara Aktif 7) Menggunakan Isyarat Nonverbal 8) Menggali Motivasi
(Sumber: Hennink, M. M. (2014). Focus Group Discussions. Oxford University Press. http://dx.doi.org/10.1093/acprof:osobl/9780199856169.001.0001)
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik