home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Luncurkan KC Fun Quest, BPPK Adopsi Gamification untuk Pembelajaran
Sekretariat Badan
Kamis, 11 Februari 2021 19:03 WIB
[Jakarta] Kamis, 11 Februari 2021. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) kembali melakukan terobosan dalam pembelajaran. Terbaru, BPPK meluncurkan aplikasi bertajuk KC Fun Quest yang dapat ditemukan dalam platform KLC generasi kedua (KLC 2.0). Fitur ini mengadopsi mekanik permainan yang diterapkan dalam pembelajaran (gamification) sehingga dapat membantu menumbuhkan budaya belajar pegawai Kementerian Keuangan.
Dalam peluncuran perdananya, aplikasi KC Fun Quest diperkenalkan secara daring oleh Kepala BPPK, Rionald Silaban, pada Kamis (11/2) melalui zoom meeting dan kanal Youtube BPPK Kemenkeu. Acara yang dikemas dalam Ngopi Hitam #32 Edisi Spesial GAME ON! juga menghadirkan Bayu P. Dirgantoro, Dosen Universitas Bina Nusantara selaku praktisi gamification sebagai narasumber.
Menu KC Fun Quest dapat diakses melalui laman klc2.kemenkeu.go.id baik melalui desktop browser maupun smartphone. Namun, pengguna disarankan agar mengakses melalui gawai untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. "Untuk tahap piloting, fitur ini sementara hanya bisa diakses oleh pegawai BPPK. Namun untuk pegawai Kementerian Keuangan dari unit eselon I lain, mohon jangan berkecil hati, karena ke depan BPPK akan berkolaborasi dengan Biro SDM untuk meng-create program gamification yang bisa dinikmati oleh seluruh pegawai Kemenkeu," pungkas Rionald. (azz)
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik