home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Laporan Survei Kepuasan Layanan Sekretariat BPPK Tahun 2022
Sekretariat Badan
Jumat, 27 Januari 2023 15:58 WIB
Survei Kepuasan Layanan Sekretariat BPPK tahun 2022 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan Sekretariat Badan sebagai umpan balik dalam rangka meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh stakeholder Sekretariat Badan. Layanan yang diukur tingkat kepuasannya berjumlah 20 layanan terpilih yang diselenggarakan oleh seluruh bagian di Sekretariat Badan, yaitu Bagian Organisasi dan Tata Laksana (OTL), Bagian Sumber Daya Manusia dan Kepatuhan internal (SDM-KI), Bagian Keuangan, Bagian Teknologi Informasi Komunikasi dan Manajemen Pengetahuan (TIK-MP), serta Bagian Umum.
Survei dilaksanakan secara online melalui Kemenkeu Forms, yaitu pada tanggal 1-16 Desember 2022. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan dalam tiga tahap, Survei Kepuasan Layanan Sekretariat BPPK tahun 2022 hanya dilaksanakan dalam 1 tahap yakni pada akhir semester 2.
Untuk memetakan kepuasan atas 20 layanan yang terpilih, tim survei menyebarkan 506 kuesioner kepada 359 calon responden terpilih dari unit di lingkungan Kementerian Keuangan. Alat ukur yang digunakan untuk menyajikan nilai kepuasan pengguna layanan Sekretariat Badan ini adalah skala indeks 5. Tingkat kepuasan dibagi menjadi 5 kategori, yaitu indeks 4,2-5,0 "sangat puas", indeks 3,4-4,1 "puas", indeks 2,6-3,3 "cukup puas", indeks 1,8-2,5 "tidak puas", dan indeks 1,0-1,7 "sangat tidak puas".
Terdapat perbedaan kategori tingkat kepuasan pada Survei Kepuasan Layanan Tahun 2021 dan 2022. Pada tahun 2021, tingkat kategori kepuasan layanan adalah sebagai berikut: 5 untuk kategori "sangat puas", 4 untuk kategori "puas", 3 untuk kategori "cukup puas", 2 untuk kategori "tidak puas", dan 1 untuk kategori "sangat tidak puas". Perubahan kategori ini bertujuan membuat rentang pengategorian menjadi lebih spesifik dan detail. Sedangkan kategori yang digunakan pada tahun 2021 lalu terlalu luas dan minim variasi.
Pada tahun 2022, Bagian TIK-MP memberikan kontribusi capaian kepuasan layanan tertinggi yakni sebesar indeks 4,86. Disusul Bagian OTL dan SDM-K1 sebesar 4,82, Bagian Umum sebesar 4,72, dan Bagian Keuangan sebesar 4,71. Dari keseluruhan perolehan ini, tiap-tiap bagian di Sekretariat Badan meraih predikat "sangat puas" untuk layanan yang diberikan.
Untuk Laporan Survei Kepuasan Layanan Sekretariat BPPK Tahun 2022 yang lebih lengkap dapat diunduh pada bagian lampiran.
Lampiran
Laporan_Survei_Kepuasan_Layanan_2022.pdf
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik