home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
BPPK Terima Kunjungan Benchmark Penjaminan Mutu Pembelajaran dari Kemenkumham
Sekretariat Badan
Senin, 13 Juni 2022 17:04 WIB
[Jakarta] Senin, 13 Juni 2022. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) menerima kunjungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) secara offline/tatap muka di Sekretariat BPPK. Adapun tujuan benchmark yang dilakukan oleh Kemenkumham kali ini adalah untuk mempelajari sistem penilaian mutu pembelajaran yang diselenggarakan oleh BPPK.
Bertempat di Ruang B107, Kepala Bidang Penjaminan Mutu Pembelajaran dan Sertifikasi Pusdiklat Keuangan Umum, Pilar Wirotama menyebutkan sistem evaluasi pembelajaran di BPPK yang menggunakan model 4 level Kirkpatrick. "Model ini menawarkan pendekatan bertahap untuk menjawab apakah tujuan dari pembelajaran telah tercapai dengan mengukur reaction, learning, behavior, dan result," ujar Pilar.
Materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Subbagian Tata Laksana Sekretariat BPPK, Abdul Wahid Fajar Amin yang memaparkan tentang lesson learned penjaminan mutu pembelajaran di BPPK. Menurut Amin, penjaminan mutu merupakan proses yang memakan waktu dan sumber daya yang besar, sehingga sebaiknya difokuskan kepada kegiatan/layanan utama/inti organisasi.
"Penjaminan mutu ini dilakukan secara bertahap, didokumentasikan, dan disempurnakan secara berkesinambungan untuk memastikan tools/standar mutu tetap relevan dan reliable," imbuhnya.
Berikutnya, Kepala Subbagian Kepatuhan Internal Sekretariat BPPK, Rachmat Efendi melengkapi kedua paparan tersebut dengan instrumen audit standar mutu pembelajaran di BPPK. Instrumen yang dimaksud meliputi Kertas Kerja Penilaian Mutu Pembelajaran Pusdiklat, Kertas Kerja Penilaian Mutu Balai Diklat, dan Rekapitulasi Persamaan Persepsi.
"Selain itu, auditor juga menggunakan Berita Acara Hasil Penilaian Mutu Pembelajaran masing-masing unit, Laporan Penilaian Penjaminan Mutu masing-masing unit di semester I dan keseluruhan BPPK di Semester II" tambah Rachmat.
Setelah semua narasumber dari BPPK menyampaikan materinya, para peserta benchmark dari Kemenkumham tampak intens bertanya dan saling berdiskusi dengan para narasumber. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari Kemenkumham, dan berharap benchmark ini dapat menjadi referensi bagi mereka untuk meningkatkan penilaian kinerja para pegawai Kemenkumham agar lebih baik ke depannya.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik