home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
BPPK Terima Kunjungan Benchmark Pembangunan ABW dari KPKNL Bontang
Sekretariat Badan
Senin, 24 Januari 2022 11:22 WIB
[Jakarta] Senin, 24 Januari 2022. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) menerima kunjungan benchmark dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang secara daring melalui aplikasi Zoom. Benchmark tersebut dimaksudkan untuk mempelajari penerapan Activity Based Workplace (ABW) di BPPK yang akan diimplementasikan pada Kantor Pelayanan di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara).
Mewakili BPPK, Kepala Bagian Umum Sekretariat BPPK Sahminan Zega menyebutkan bahwa implementasi ABW di BPPK berpedoman pada Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 453/KMK.01/2020 tentang Pedoman pelaksanaan ABW di Lingkungan Kementerian Keuangan. Pedoman tersebut mengatur berbagai hal tentang perencanaan ABW, salah satunya harus mempertimbangkan efisiensi penggunaan anggaran dan optimalisasi BMN.
"Optimalisasi BMN ini sebagai dasar perhitungan kebutuhan ruang kerja, jadi kita harus menggunakan SBSK (standar barang dan standar kebutuhan) yang disesuaikan pada pembagian zonasi ABW," terang Zega.
Terdapat beberapa prinsip yang dipaparkan oleh Zega dalam penerapan ABW, salah satunya no dedicated seat. "Artinya, setiap pegawai bisa bebas berpindah tempat duduk dalam bekerja setiap harinya. Hal ini diharapkan dapat mengurangi suasana monoton dan menambah semangat bekerja bagi pegawai karena bebas memilih sendiri tempat duduknya," tambahnya. Dalam kesempatan tersebut, Zega turut menampilkan implementasi ABW yang telah diterapkan oleh beberapa unit satker di lingkungan BPPK.
Menutup benchmark kali ini, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Kusumawardhani turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPPK yang telah bersedia berbagi tentang implementasi ABW. "Harapan saya, ABW ini harus mampu mendukung budaya kerja secara kolaboratif dengan tetap memperhatikan tata tertib dan etika bekerja yang didukung oleh optimalisasi penggunaan teknologi dan informasi," pungkasnya. (LH)
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik