home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
BPPK Raih Indeks Kepuasan Pengguna Layanan di Atas Agregat
Sekretariat Badan
Kamis, 6 Mei 2021 15:12 WIB
[Jakarta] Kamis, 6 Mei 2021. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) berhasil meraih Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) Tahun 2020 dengan skor 4,41 yang termasuk dalam kategori "puas". Capaian angka ini mengungguli perolehan IKPL Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara agregat yaitu 4,31.
IKPL merupakan instrumen riset pengukuran tingkat kepuasan para pengguna layanan berbagai program Kemenkeu sebagai bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Kemenkeu. Hal ini digunakan untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan yang taktis dan strategis dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan kepuasan pengguna layanan dari waktu ke waktu. Untuk melaksanakan riset tersebut, pada tahun 2020 Kemenkeu bekerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung dalam mengukur indeks kepuasan pengguna layanan Kemenkeu pada unit-unit eselon I dan layananya serta kinerja aspek-aspek layanan terkait dan pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna layanan.
BPPK sebagai salah satu unit eselon I Kemenkeu memiliki berbagai jenis layanan yang mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Kemenkeu. Pada tahun 2020, jenis layanan BPPK berupa pelatihan tatap muka dan pelatihan e-learning menyumbang nilai tertinggi pada hasil IKPL BPPK. Hal ini merupakan indikator yang cukup bagus mengingat layanan pelatihan e-learning merupakan layanan yang baru disurvei pada tahun 2020.
Secara keseluruhan, akses terhadap layanan, kesesuaian prosedur, waktu penyelesaian layanan, sikap pegawai dan keamanan lingkungan merupakan aspek yang berpengaruh untuk seluruh layanan di BPPK dan perlu menjadi perhatian bagi BPPK agar kualitas pelayanan BPPK dapat terus menjadi lebih baik. Adapun laporan selengkapnya terkait hasil survei tersebut dapat diunduh melalui tautan berikut ini.
Survei Kepuasan Pengguna Layanan_BPPK
Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kemenkeu (Agregat)
(LH)
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik