home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Instagram
Youtube
Facebook
Daftar Aset Intelektual
Daftar Open Access BPPK
LIKEPKU
Kalender Pelatihan
LAKIP 2023
Laporan Keuangan 2023
Monika
Monika 2024
Ceramah Kepala Kanwil DJPB Provinsi Riau pada Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode III
Balai Diklat Keuangan Pekanbaru
Kamis, 13 Agustus 2020 17:41 WIB
Menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif dan berkeadilan di abad ke-21, merupakan visi dari Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan juga mempunyai lima nilai yang terdiri atas Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan dan Kesempurnaan yang dituangkan dalam sepuluh perilaku utama.
Hal tersebut di atas merupakan bagian dari ceramah muatan teknis substantif lembaga yang dibawakan oleh Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Riau, Bapak Bahtaruddin. Bertempat di studio mini Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, Kamis 13 Agustus 2020 Bapak Bahtaruddin berkenan untuk memberikan ceramah bagi seluruh peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode III.
Bapak Bahtaruddin menjelaskan bahwa ekonomi Indonesia berpotensi menjadi tujuh terbesar di dunia. Ini merupakan tantangan yang akan menjadi tugas besar Kementerian Keuangan dalam mengawal kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Secara khusus beliau mengingatkan bahwa meningkatkan tax ratio Indonesia merupakan tugas besar bersama setiap pegawai Kementerian Keuangan, karena dengannya diharapkan kemandirian ekonomi Indonesia akan tercapai. APBN yang merupakan instrumen pemerintah dapat berperan dalam pemerataan ekonomi dan mengurangi kesenjangan sosial.
Tidak lupa Bapak Bahtaruddin menjelaskan tentang sejarah reformasi pengelolaan keuangan negara yang dimulai dengan paket UU Keuangan Negara yang terdiri atas UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara serta UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.
Secara khusus Bapak Bahtaruddin memberikan pesan kepada seluruh peserta latsar bahwa seluruh pegawai Kementerian Keuangan dapat menjadi agen informasi keuangan negara bagi seluruh masyarakat. Setiap pegawai Kementerian Keuangan harus dapat melayani kebutuhan masyarakat yang menjadi pemangku kepentingan dengan pelayanan yang baik menuju kesempurnaan. Dalam era digital yang semakin berkembang ini, setiap pegawai dapat mengembangkan kemampuan diri sehingga setiap pelaksanaan pekerjaan dapat tercapai dengan baik.
Bapak Bahtaruddin menjalani SOP protokol kesehatan sebelum memasuki kantor
Bapak Bahtaruddin beramah-tamah dengan Kepala Balai dan Kepala Seksi Evaluasi dan Informasi
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik