home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Horas BDK Medan
Instagram
Youtube
Tiktok
Facebook
Twitter
Pengaduan Online
Pembukaan PJJ Communication Skills Tingkat Dasar Angkatan V
Balai Diklat Keuangan Medan
Minggu, 14 Agustus 2022 10:58 WIB
Selasa (28/6), Kepala Balai Diklat Keuangan Medan, Frisda Agriani Ambarita, secara resmi membuka Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Communication Skills Tingkat Dasar Angkatan V. Adapun tujuan pelatihan ini untuk meningkatan kemampuan pegawai Kementerian Keuangan untuk berkomunikasi (berinteraksi) dengan orang lain secara efektif sehingga meningkatkan kinerja dan mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di unitnya masing-masing.
Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan perubahan sistem perpajakan dari Official Assessment menjadi Self Assessment, memberikan kepercayaan wajib pajak untuk mendaftar, menghitung, membayar dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri. Hal ini menjadikan kepatuhan wajib pajak menjadi faktor yang sangat penting dalam hal untuk mencapai keberhasilan penerimaan pajak. Sistem Self Assessment membawa misi dan konsekuensi perubahan sikap (kesadaran) warga masyarakat untuk membayar pajak secara sukarela (voluntary compliance). Kepatuhan memenuhi kewajiban pajak secara sukarela dan secara sadar merupakan tulang punggung dari Self Assessment System.
Dewasa ini, pajak menjadi sumber penerimaan internal yang terbesar dalam APBN. Penerimaan negara dari sektor pajak terus meningkat dari tahun ke tahun. Begitu besarnya peran pajak dalam APBN, maka usaha untuk meningkatkan penerimaan pajak terus dilakukan oleh pemerintah yang dalam hal ini merupakan tugas Direktorat Jenderal Pajak. Usaha memaksimalkan penerimaan pajak tidak dapat hanya mengandalkan peran dari Ditjen Pajak maupun petugas pajak, tetapi dibutuhkan juga peran aktif dari para wajib pajak itu sendiri.
Pelayanan fiskus dan komunikasi fiskus yang baik diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, kualitas pelayanan dan komunikasi dari fiskus terhadap wajib pajak harus ditingkatkan oleh aparat pajak.
Pelayanan fiskus yang sopan santun, ramah, tanggap, cermat, cepat, tidak mempersulit, baik dan selalu membantu serta komunikasi fiskus yang selalu memberikan informasi kepada pelanggan dengan komunikasi atau bahasa yang baik, mudah dipahami dan selalu mendengarkan saran dan keluhan pelanggan akan memberikan kenyamanan bagi wajib pajak.
Kepala Balai Diklat Keuangan Medan berharap para peserta setelah mengikuti pelatihan ini dapat semakin mengasah kemampuan dan menjadi komunikator-komunikator yang lebih andal di satuan kerjanya masing - masing
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik