home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Horas BDK Medan
Instagram
Youtube
Tiktok
Facebook
Twitter
Pengaduan Online
Pembukaan Pelatihan Jarak Jauh Communication Skills
Balai Diklat Keuangan Medan
Selasa, 26 Oktober 2021 14:20 WIB
oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Medan
Senin (26/10) Kepala Balai Diklat Keuangan Medan, Frisda Agriani Ambarita, secara resmi membuka Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Communication Skills.
Pada sambutannya, Kepala Balai Diklat Keuangan Medan menyampaikan bahwa sebagaimana yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 38 Tahun 2017, salah satu komptensi manajerial yang perlu dimiliki oleh seorang ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya adalah kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi berarti kita mampu menyampaikan gagasan kita atau informasi secara jelas dan sistematis kepada orang lain, terutama kepada pengguna layanan.
Kemampuan komunikasi efektif sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari kita sebagai ASN, terlebih bagi pegawai Kementerian Keuangan. Terlebih lagi di era yang penuh tantangan seperti saat ini, yang mana pandemi belum berakhir, dan pemerintah tengah berupaya untuk memulihkan keuangan negara dalam berbagai kebijakan-kebijakan yang saat ini masih berlanjut. Tentunya keberhasilan dari kebijakan pemerintah perlu didukung seluruh insan di Kementerian Keuangan dengan cara bagaimana mengkomunikasikan kebijakan atau program yang ada kepada masyarakat pengguna jasa atau wajib pajak dan juga satuan kerja di Kementerian Lembaga.
Tambahnya, di era disrupsi saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi, dimana arus komunikasi dan informasi begitu cepat sehingga berpotensi tersebarnya informasi-informasi yang tidak jelas kebenarannya, tentunya memberikan pengaruh yang tidak baik bagi pemerintah. Untuk itu perlu Langkah-langkah komunikasi yang efektif supaya segala kebijakan atau program pemerintah bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat. Untuk itu pegawai Kementerian Keuangan perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan terkait komunikasi, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berkomunikasi dengan efektif kepada stakeholder.
Kemampuan komunikasi tentu saja sangat diperlukan bagi pegawai yang bertugas di garda terdepan unit kerjanya, dimana tugas dan fungsinya sangat intens berhubungan dengan masyarakat/pengguna layanan. Kemampuan komunikasi perlu diasah secara kontinu supaya dapat membantu pencapaian target kinerja. Kemampuan komunikasi bukan hanya menyampaikan gagasan namun juga bagaimana kemampuan mendengarkan informasi secara efektif dan juga melakukan persuasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Kemampuan ini tidak kalah pentingnya, karena dengan mendengarkan pengguna layanan dengan baik, artinya kita berusaha memahami kebutuhan stakeholder dan mengerti kendala yang dihadapi sehingga dapat memberikan solusi atas kendala tersebut.
Kepala Balai Diklat Keuangan Medan berharap dengan komunikasi yang efektif dapat meningkatkan profesionalisme pegawai dan meningkatkan kepercayaan masyarakat atas layanan Kementerian Keuangan.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik