home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Laporan Kinerja BDK Manado
Laporan Keuangan BDK Manado
Pengaduan
Instagram
Youtube
Facebook
Senyum 277
Balai Diklat Keuangan Manado
Jumat, 24 Januari 2020 09:01 WIB
[Manado] 23 Januari 2020. "Memberikan pelayanan yang baik adalah kebutuhan kita, bukan customer.", ucap narasumber pada kegiatan Open Class Pelayanan Prima. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai Balai Diklat Manado termasuk pejabat, pengajar, pelaksana serta pegawai pemerintah non pegawai negeri. Diharapkan pegawai mampu mengaplikasikan pelayanan yang prima kepada peserta setelah mengikuti open class ini. Bu Inggrid Windy Bague, narasumber pada kegiatan ini adalah seorang Service Quality Officer di Bank Mandiri. Sebelum memulai materi, Bu Inggrid memberikan icebreaking untuk menstimulasi peserta supaya lebih semangat dalam mengikuti kegiatan.
"Apa itu service?", tanya Bu Inggrid kepada peserta di tiap meja. Peserta memberikan jawaban satu-persatu namun belum ada yang benar. "Dulu, service adalah memenuhi dan atau melampaui kebutuhan nasabah, sekarang service itu adalah semua yang mereka butuhkan dan harapkan dari kita." Selanjutnya, narasumber mengenalkan peserta tentang apa saja tipe customer (peserta), tangga kepuasan customer, serta hirarki dalam ekspetasi customer. Selain itu, peserta juga diajak untuk memberikan contoh dalam berpakaian yang rapi, gestur tubuh, dan memberikan senyuman yang benar kepada customer yaitu dengan senyum 277 (lebar 2cm kiri-kanan, 7 gigi yang terlihat, dan selama 7 detik).
Suasana Open Class
Rencana awal adalah mengakhiri kegiatan dengan melakukan roleplay, namun berhubung waktu sudah berakhir, kegiatan diakhiri setelah narasumber memberikan materi teknik menghadapi keluhan pelanggan dan dilanjut dengan sesi foto bersama.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik