home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Laporan Kinerja BDK Manado
Laporan Keuangan BDK Manado
Pengaduan
Instagram
Youtube
Facebook
Kecil-kecil Pemecah Masalah
Balai Diklat Keuangan Manado
Rabu, 15 Mei 2019 01:26 WIB
[Manado] 14 Mei 2019. Firda, usianya 20 tahun, memiliki kesempatan untuk berkontribusi bagi unit kerjanya. Selama 43 hari perempuan asal Ponorogo ini berusaha mengaplikasikan pengetahuan dan nilai yang baru diperolehnya dari Pelatihan Dasar CPNS Golongan II. Saat ini Firda ditempatkan secara definitif di KPP Manado.
Sekitar dua minggu on the job training (OJT), Firda mengidentifikasi bahwa pengoptimalan penerimaan laporan SPT Tahunan 1771 (Badan) di unit kerjanya masih bisa ditingkatkan lagi hingga batas akhir pelaporan SPT. Firda setidaknya melaksanakan lima kegiatan sebagai gagasan pemecahan isu, yaitu mengingatkan kewajiban perpajakan Wajib Pajak melalui SMS Blast, menyampaikan informasi perpajakan melalui media sosial, melaksanakan kelas pajak, melaksanakan survey kelas pajak dan mengevaluasinya, serta memantau data pelaporan SPT Badan setiap minggu.
KPP Manado menargetkan rasio penerimaan SPT Tahunan Badan Tahun 2018 sebesar 89,00%. Hasil pemantauan pelaporan SPT Tahunan 1771 yang dilakukan oleh Firda di KPP Manado selama masa aktualisasi (April-Mei) menunjukkan peningkatan dari minggu ke minggu. Per tanggal 18 April 2019 realisasi penerimaan SPT Tahunan Badan sebesar 16,94%, per 26 April 2019 meningkat menjadi 22,29%, dan terakhir per 8 Mei 2019 meningkat menjadi 42,57%. Memang, kontribusi Firda dalam pencapaian ini tidak bisa diukur secara tepat. Akan tetapi, kerja nyata yang dilakukan oleh Firda melalui kelas pajak, penyampaian informasi perpajakan melalui media sosial, hingga memberikan reminder kepada wajib pajak dapat dipastikan turut berperan dalam pencapaian ini.
Seminar Aktualisasi Peserta Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan II Periode II
Begitu halnya dengan 59 peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode II lainnya yang melaksanakan aktualisasi pada unit kerjanya masing-masing. Kegiatan aktualisasi yang dilakukan pasti berkontribusi terhadap lingkungan kerja, meskipun tidak bisa diukur secara tepat. Harapannya, kegiatan positif ini akan selalu para peserta habituasikan dan “tularkan” bagi pegawai lain di lingkungan kerjanya. Kecil-kecil pemecah masalah.
Tahukah Kamu. Habituasi memfasilitasi agar peserta melakukan proses aktualisasi melalui pembiasaan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari. Peserta dibekali dengan konsepsi dan tahap aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di tempat kerja dan penyajian hasil aktualisasi di tempat kerja dengan menyajikan berbagai bukti belajar yang relevan.
Tahukah Kamu.
Habituasi memfasilitasi agar peserta melakukan proses aktualisasi melalui pembiasaan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari. Peserta dibekali dengan konsepsi dan tahap aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, pelaksanaan aktualisasi di tempat kerja dan penyajian hasil aktualisasi di tempat kerja dengan menyajikan berbagai bukti belajar yang relevan.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik