home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Sub Menu 1
Sub Menu 2
Sub Menu 3
Sub Menu 4
Sub Menu 5
Maklumat Layanan
Janji Layanan
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pusdiklat Pajak Triwulan I Tahun 2025
Pusdiklat Pajak
Jumat, 25 April 2025 13:09 WIB
Sebagai wujud komitmen kami terhadap pelayanan publik yang adil, transparan, dan akuntabel, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pajak (Pusdiklat Pajak) melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk periode Triwulan I Tahun 2025.
Survei ini dilaksanakan mengacu pada amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012, serta berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB No. 14 Tahun 2017. Survei ini juga menjadi bagian penting dalam mendukung prinsip pembangunan berkelanjutan melalui pelibatan langsung masyarakat sebagai pengguna layanan.
Survei dilaksanakan secara daring menggunakan Microsoft Form, yang dibagikan melalui grup WhatsApp peserta pelatihan pada tahap akhir kegiatan belajar. Jumlah populasi pada periode ini sebanyak 1.293 peserta, dan berdasarkan metode Krejcie and Morgan, diperoleh 297 responden sebagai sampel yang valid.
Berikut gambaran singkat demografi responden:
Dari hasil pengolahan data, diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 91,12 yang berada pada kategori "Sangat Baik". Nilai ini mencerminkan bahwa layanan Pusdiklat Pajak telah berjalan optimal dan mendapat apresiasi dari para peserta pelatihan.
Namun, kami juga mencatat beberapa poin penting sebagai bahan perbaikan ke depan. Unsur layanan terkait Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan menunjukkan masih adanya keterbatasan opsi pelatihan yang tersedia. Unsur Kompetensi Pelaksana mengindikasikan pentingnya peningkatan kapasitas teknis dan komunikasi para pelaksana layanan. Selain itu, sistem Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan juga akan terus kami perkuat agar lebih responsif dan transparan.
Di sisi lain, nilai tertinggi diraih oleh unsur Perilaku Pelaksana, Waktu Penyelesaian, serta Sistem, Mekanisme, dan Prosedur, yang mencerminkan bahwa sikap ramah petugas, ketepatan waktu, dan kejelasan alur layanan sangat diapresiasi oleh peserta.
Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh peserta pelatihan yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengisi survei ini. Masukan dan partisipasi Sobat semua sangat berarti dalam upaya kami memberikan pelayanan yang lebih baik dari waktu ke waktu.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik