home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Standar Pelayanan
Maklumat Pelayanan
Moto Layanan
Janji Layanan
Open Class Pemanfaatan Board Games sebagai Media Pembelajaran
Pusdiklat Keuangan Umum
Rabu, 19 Februari 2020 15:54 WIB
[JAKARTA] Rabu, 19 Februari 2020 pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB bertempat di Aula Lantai 1, Pusdiklat Keuangan Umum menyelenggarakan Open Class Pemanfaatan Board Games sebagai Media Pembelajaran Seri Pertama.
Open Class Pemanfaatan Board Games sebagai Media Pembelajaran merupakan rangkaian yang terdiri dari 3 seri, dan diharapkan setelah mengikuti Open Class tersebut para peserta nantinya dapat merancang board games sebagai media pembelajaran.
Mengundang sebagai narasumber adalah Mahawira Singh Dillon, Desainer game di Feiratochi lulusan The Australian National University dan Institut Teknologi Bandung yang juga bekerja sebagai peneliti di Yayasan Indonesia Cerah.
Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa pembelajaran eksperiential diyakini merupakan jenis pembelajaran yang paling efektif. Dibandingkan dengan pembelajaran pasif di mana tujuan pembelajaran sering kali tidak tercapai, pembelajaran eksperiential menekankan pada proses bagaimana pengetahuan didapatkan dalam bentuk pengalaman.
Bentuk pembelajaran eksperiential salah satunya dengan media permainan/games. Elemen yang harus dimiliki dalam sebuah permainan/games diantaranya: tema, menarik, cara bermain, komponen, dan ada grafik/teks.
Mengapa menggunakan Board Games sebagai media pembelajaran?
Keuntungan yang didapat dari menggunakan board games yaitu: lebih terbuka (menggali potensi/ide), lebih terfokus (tiap games memiliki rules/peraturan dan tujuan), lebih sosial (melibatkan lebih banyak orang), dan lebih menarik.
Pada seri pertama open class ini, Mahawira S. Dillon juga mengajak peserta untuk bermain board games berjudul "Emisi" yang didesain oleh beliau. Permainan ini memiliki pesan bahwa dalam menghadapi perubahan iklim diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dengan mengutamakan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).
Menutup kegiatan open class, Mahawira menjelaskan mengenai apa yang didapat dari permainan ini misalnya dari pembelajaran tangensial yang memicu peserta untuk tahu ilmu dan pengetahuan baru seperti apa itu OTEC (pembangkit energi yang berasal dari perbedaan temperatur air laut), opsi-opsi pengelolaan lahan, dan opsi-opsi energi terbarukan. Sedangkan pembelajaran eksperiential yang didapat dari board games "Emisi" diantaranya: bermain peran, ketimpangan ekonomi, pilihan kebijakan, dan game theory.
Pada seri kedua yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada minggu depan, para peserta Open Class ditugaskan secara berkelompok untuk menyusun konsep board games dengan tema "pengelolaan keuangan negara".
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik