home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Standar Pelayanan
Maklumat Pelayanan
Moto Layanan
Janji Layanan
Office Automation di Kementerian Keuangan
Pusdiklat Keuangan Umum
Senin, 12 Agustus 2019 15:44 WIB
Dalam rangka implementasi program Reformasi Birokasi dan Transformasi Kelembagaan, Kementerian Keuangan telah merumuskan 11 inisiatif strategis pada 4 tema, yaitu Sentral, Penerimaan, Perbendaharaan dan Penganggaran, dengan kriteria : 1. Berdampak langsung pada pencapaian strategic outcomes melalui optimalisasi peran Kementerian Keuangan; 2. Merupakan terobosan nasional dan memerlukan perhatian khusus Menteri Keuangan; dan 3. Memerlukan sinergi antar unit Eselon I atau K/L (connecting the dots). Tujuan utama Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan adalah “menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad ke-21."
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Ketatalaksanaan I Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Nur Eko Budiantoro, setelah membuka secara resmi Pelatihan Tata Naskah Dinas Angkatan III di Aula Pusdiklat Keuangan Umum. Pelatihan ini berlangsung selama empat hari, yaitu pada 12-15 Agustus 2018 dan didahului dengan pelaksanaan E-Learning Format Tata Naskah Dinas pada 31 Juli-8 Agustus 2019 di unit peserta masing-masing.
Lebih lanjut Nur Eko menambahkan, salah satu inisiatif strategis yang menjadi bagian dari tema sentral adalah pembentukan arsitektur untuk aplikasi dalam data. Inisiatif ini kemudian diterjemahkan sebagai dasar awal Enterprise Architecture (EA) untuk Kementerian Keuangan. EA membantu Kementerian Keuangan dalam memodelkan proses bisnis, data/informasi, aplikasi dan infrastruktur TIK yang ada dalam organisasinya. Selanjutnya EA semakin dituntut untuk mengoptimalkan perannya dalam mendukung transformasi Kementerian Keuangan yang melibatkan teknologi digital atau sering disebut Transformasi Digital (Digital Transformation).
The New Thinking of Working menjadi fondasi bagi transformasi digital melalui terwujudnya budaya kerja yang adaftif dan berbasis digital guna meningkatkan produktivitas dan sinergi Kementerian Keuangan. Inisiatif untuk menciptakan The New Thinking of Working termanisfestasi pula dalam inisiatif terkait Office Automation (OA), Organisasi dan SDM, dan Modern e-Learning.
Office Automation (OA) atau Nadine 2.0 merupakan aplikasi pengelolaan tata naskah dinas secara elektronik yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Nadine versi sebelumnya yang telah diimplementasikan sejak 2015 di seluruh unit eselon I. Nadine 2.0 memasukkan seluruh proses mulai dari penyusunan sampai dengan distribusi secara elektronik. OA diharapkan dapat diterapkan untuk menggantikan tata cara persuratan yang berbasis kertas.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik