home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Kajian Akademis 2022
PIPK 2023
Bendahara 2023
PPK dan PPSPM 2023
Microlearning PPL 2023
Merencanakan Focus Group Discussion (FGD)
Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan
Jumat, 4 November 2022 16:40 WIB
1) Melatih tim
Penting untuk memastikan semua anggota tim paham tentang tujuan FGD, protokol kerja, dan tugas khusus yang akan mereka lakukan demi kelancaran kegiatan.
2) Memperhatikan komposisi dan jumlah peserta FGD
FGD biasanya terdiri dari enam sampai delapan peserta sehingga setiap orang memiliki kesempatan untuk berbagi wawasan namun cukup besar untuk memberikan keragaman persepsi (Krueger & Casey dalam Hennink, 2014:37). Dua aspek komposisi peserta yang penting adalah homogenitas peserta dan tingkat kenalan mereka.
3) Merekrut peserta
FGD menggunakan rekrutmen peserta secara purposive (non-random), karena tujuannya bukan untuk menggeneralisasi temuan ke populasi yang lebih luas tetapi untuk mendapatkan pemahaman ontekstual yang terinci tentang masalah tertentu.
4) Menyusun panduan diskusi
Panduan diskusi adalah daftar topik atau pertanyaan yang disiapkan untuk digunakan moderator dalam memandu diskusi kelompok. Panduan tersebut sering mengikuti desain jam pasir yang bergerak dari pertanyaan luas ke spesifik dan kembali ke pertanyaan luas. Panduan diskusi biasanya mencakup 12–15 pertanyaan, termasuk pengantar, pertanyaan pembuka, pertanyaan pengantar, pertanyaan kunci, dan pertanyaan penutup serta terkadang menyertakan aktivitas selama FGD.
5) Merancang pertanyaan
Pertanyaan-pertanyaan dalam panduan FGD seringkali tampak sederhana, tetapi pada kenyataannya pernyataan-pernyataan tersebut dirancang dengan cermat untuk mendorong diskusi kelompok yang efektif.
6) Mempersiapkan pendalaman
Pendalaman sering digabung dengan pertanyaan kunci dalam diskusi. Pendalaman dapat berasal dari topik yang diidentifikasi dalam tinjauan literatur. Namun, literatur tersebut hanya indikasi dari isu-isu penting untuk diselidiki, dan mereka dapat disempurnakan saat pengumpulan data dimulai dan lebih banyak mempelajari tentang apa yang penting bagi peserta studi itu sendiri.
#BelajarTanpaBatas #KitaPemelajar
#FocusGroupDiscussion
#KnowledgeManagement
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik