cover

HUT ke-48 BPPK

Pertambahan usia pada insan manusia juga berarti berkurangnya sisa hidup manusia di dunia. Namun tidak demikian dengan suatu negara atau organisasi. Pertambahan usia merupakan suatu bukti bahwa institusi tersebut berhasil mempertahankan eksistensi dan kinerjanya dari tahun ke tahun. Maka dari itu, pertambahan usia pada negara atau instansi sering dirayakan dengan ucapan "dirgahayu", kata serapan dari bahasa Sansekerta yang berarti berumur panjang.


Hampir setengah abad dilalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) yang jatuh pada medio April tahun 2023 ini, dirayakan bukan dengan gegap gempita, melainkan dengan semarak penyebaran pengetahuan. Atmosfer perayaan hari jadi ke-48 BPPK dapat Anda rasakan pada eksposisi Liputan Utama Majalah Edukasi Keuangan edisi ke-75 ini.


Selama 48 tahun lamanya, BPPK terus konsisten dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengelola pendidikan dan pelatihan para penggawa keuangan negara. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah pelatihan untuk memperkuat komitmen implementasi pengendalian intern atas pelaporan keuangan (PIPK), yang ulasan lengkapnya dapat Anda simak pada rubrik Liputan Khusus.


BPPK mampu bertahan hingga keenam windunya ini salah satunya karena SDM-nya yang menjadi kekuatan terbesar. Sosok nakhoda baru dalam dua tahun terakhir pada Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan (KNPK), Heru Wibowo, akan mengisi relung informasi Anda dalam rubrik Profil.


Komitmen BPPK dalam mengedukasi insan-insan Kemenkeu dan publik secara umum juga tercermin dalam Majalah Edukasi Keuangan, setiap rubriknya kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang penuh makna dan cerita. Rubrik resensi pada edisi kali ini membahas buku terkait pengomposan yang merupakan salah satu langkah hijau untuk bumi yang lebih baik. 


Tak ketinggalan rubrik-rubrik dengan ulasan santai untuk kian mewarnai peringatan hari ulang tahun BPPK 2023, jalan-jalan menyusuri Kota Malang dan Magelang, tentunya sangat sayang jika dilewatkan. Terus perkaya informasi Anda dengan literasi, dan tak lengkap rasanya jika tidak mengucapkan kata pamungkas untuk peringatan hari ulang tahun institusi. Dirgahayu BPPK!

75
2023