home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah 2023
Pembukaan Pelatihan Aplikasi SIMAN Pengguna Barang Angkatan VIII Tahun 2024
Balai Diklat Keuangan Pontianak
Selasa, 27 Agustus 2024 17:48 WIB
Pada Senin (26/8), telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Aplikasi SIMAN Pengguna Barang Angkatan VIII Tahun 2024. Pelatihan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Pontianak, Anik Juniastuti, secara luring bertempat di Aula Kapuas BDK Pontianak. Pelatihan yang diikuti oleh 31 pegawai Kementerian/Lembaga di Kalimantan Barat ini dilaksanakan secara luring selama 5 hari pada tanggal 26 s.d. 30 Agustus 2024.
TUJUAN PROGRAM Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan/atau penguasaan pengetahuan teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang digunakan oleh Pengguna Barang, dalam rangka pelaksanaan tugas pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) melalui Aplikasi SIMAN. KEBUTUHAN STRATEGIS UNIT PENGGUNA YANG AKAN DICAPAI Sesuai dengan perkembangan teknologi, pelaksanaan pengelolaan BMN agar dapat dilaksanakan dengan baik, perlu didukung dengan aplikasi, yaitu Aplikasi SIMAN. Aplikasi SIMAN Pengguna Barang digunakan oleh Pengguna Barang mulai dari tingkat satker (UAKPB) sampai dengan UAPB dalam rangka pelaksanaan pengelolaan BMN. Sedangkan Pengelola Barang dalam rangka pembinaan kepada Pengguna Barang terkait pelaksanaan pengelolaan BMN dengan menggunakan Aplikasi SIMAN juga harus memiliki penguasaan yang sama baiknya dengan Pengguna Barang. Pengelola Barang melalui unit vertikal di daerah yaitu KPKNL memiliki peran penting dalam penggunaan Aplikasi SIMAN, baik untuk kepentingan pelaksanaan tugasnya sendiri maupun untuk pelaksanaan pembinaan kepada Kuasa Pengguna Barang/Pengguna Barang. Oleh karena itu, untuk membekali tugas dan tanggungjawab Pengguna Barang dalam melaksanakan pengelolaan BMN dan Pengelola Barang dalam melakukan pembinaan terhadap Pengguna Barang, diperlukan pelatihan Aplikasi SIMAN Pengguna Barang. SASARAN (TARGET LEARNERS) 1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan DJKN baik sebagai Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang maupun sebagai Pengelola Barang; dan 2. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian/Lembaga sebagai Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang. STANDAR KOMPETENSI Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu: 1.Mengoperasikan Penggunaan Modul Manajemen User dan Master Aset pada Aplikasi SIMAN 2.Mengoperasikan Penggunaan Modul Perencanaan dan Modul Asuransi pada Aplikasi SIMAN 3.Mengoperasikan Penggunaan Modul Pengelolaan pada Aplikasi SIMAN 4.Mengoperasikan Penggunaan Modul Inventarisasi dan Wasdal pada Aplikasi SIMAN
Galeri
None
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik