home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Sub Menu 1
Sub Menu 2
Sub Menu 3
Sub Menu 4
Sub Menu 5
Pembukaan PJJ Pejabat Pembuat Komitmen Angkatan II
Balai Diklat Keuangan Denpasar
Senin, 8 Mei 2023 08:02 WIB
Balai Diklat Keuangan Denpasar kembali membuka Pelatihan Jarak Jauh Pejabat Pembuat Komitmen Angkatan II Tahun 2023. Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 51 peserta yang berasal dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Setelah mengikuti pelayihan ini peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala BDK Denpasar, Ibu Endang Pancawardani.
Dalam sambutannya, Ibu Endang Pancawardani menyampaikan bahwa Pelatihan Jarak Jauh ini adalah Pelatihan Jarak Jauh PPK angkatan ke-dua yang dilaksanakan di BDK Denpasar, perlu kami sampaikan bahwa tahun ini Pelatihan Jarak Jauh PPK di BDK Denpasar ada 6 (enam) angkatan. kami menyambut baik Bapak Ibu peserta dari seluruh Kementerian/Lembaga yang telah terpilih untuk mengikuti Pelatihan ini, dengan total 51 peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga.
Dalam rangka mewujudkan tata kelola APBN yang efektif efisien dan kredibel diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang pengelola APBN yang berintegritas dan profesional. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) adalah salah satu jabatan yang harus memenuhi standar kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara, Anggota TNI dan Anggota POLRI yang akan dan/atau telah ditugaskan menjadi PPK, sehingga mampu melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan pada satuan kerja yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Sesuai Pasal 11 Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah, PPK memiliki tugas dan tanggungjawab yang sangat besar, kurang lebih ada 16 tugas dari seorang PPK. Seiring dengan dinamika proses bisnis pelaksanaan APBN dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, diperlukan kemampuan PPK dalam memperbarui serta mengakselerasi pemahaman dan keahliannya. Untuk itu, diperlukan suatu pelatihan peningkatan kapasitas dan kapabilitas bagi para PPK yang sesuai dengan perkembangan terkini proses bisnis dan teknologi informasi di bidang keuangan negara. Pelatihan PPK ini diharapkan mampu berperan sebagai media/sarana peningkatan kapasitas PPK yang tersebar di seluruh Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pengelolaan APBN.
Di akhir sambutannya, Ibu Endang Pancawardani mempersilahkan para peserta untuk dapat menggali dan mempelajari terkait materi, teknik dan tacit knowledge terkait pembelajaran PPK dari para pengajar agar pembelajaraan dapat berjalan maksimal dan semoga materi, tugas-tugas , serta sharing pengalaman dari masing-masing satker atau pengajar dapat diterima secara maksimal dan meningkatkan kompentensi peserta untuk dapat melaksanakan tugas sebagai PPK sehingga menghasilkan output yang bermanfaat dan berdampak bagi organisasi.
Galeri
Peserta PJJ PPK Ang…
Peserta PJJ PPK Angkatan II
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik