home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Sub Menu 1
Sub Menu 2
Sub Menu 3
Sub Menu 4
Sub Menu 5
IKHTIAR PENGEMBANGAN KOMPETENSI KOMUNIKASI MELALUI PJJ COMMUNICATION SKILLS
Balai Diklat Keuangan Denpasar
Kamis, 20 Januari 2022 05:11 WIB
Tahun baru awal baru, harapan baru. Selamat datang tahun 2022, tahun yang mudah-mudahan penuh dengan kebaikan dan kebahagiaan. Mengawali kegiatan BDK Denpasar pada tahun 2022, pada hari ini (17/1) telah dilaksanakan pembukaan Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Communication Skills Tingkat Dasar Angkatan I Tahun Anggaran 2022. PJJ Communication Skills Tingkat Dasar ini diselenggarakan untuk memenuhi salah satu kebutuhan strategis dari mitra kerja BDK Denpasar, yaitu peningkatan kompetensi Komunikasi Pegawai Kementerian Keuangan dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya.
Kompetensi komunikasi menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara adalah Kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman; mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan kompetensi komunikasi adalah kesalahpahaman. Arus informasi dari atasan ke bawahan atau sebaliknya jika tidak disampaikan dengan cara yang efektif dan informatif maka akan menimbulkan persepsi ganda atau berdampak pada tidak tercapainya target yang telah ditetapkan.
Sebagian orang mungkin masih menganggap kompetensi komunikasi ini kurang prioritas, menganggap itu hanya sebuah bakat alamiah atau bawaan lahir dan tidak perlu diasah atau bahkan mungkin sering dilupakan. Padahal melalui komunikasi yang efektif, kita bisa menyampaikan pesan kita secara utuh dan bisa diterima dengan baik. kemampuan berkomunikasi dengan efektif, informatif dan mampu memastikan pemahaman yang sama bagi para pendengar kita dapat dilakukan dengan pemilihan kata dan istilah yang kebanyakan orang ketahui, dengan kalimat yang singkat dan jelas.
Melalui PJJ Communication Skills Tingkat Dasar, diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan tersebut mampu untuk menerapkan komunikasi verbal dan non verbal dengan baik, mampu untuk menerapkan gaya komunikasi dan teknik mendengarkan efektif dengan baik, dan mampu untuk menerapkan teknik komunikasi antarpribadi dan komunikasi persuasi dengan baik.
PJJ Communication Skills Tingkat Dasar di selenggarakan mulai tanggal 17 s.d. 19 Januari 2022 atau selama 3 (tiga) hari kerja. Pelatihan ini diikuti oleh 28 peserta pegawai yang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak. PJJ Communication Skills Tingkat Dasar ini merupakan jenis pembelajaran non klasikal dengan metode pembelajaran synchronous tatap muka daring dan merupakan program berjenjang.
Dalam kesempatan pembukaan PJJ Communication Skills Tingkat Dasar tersebut, Ibu Endang Pancawardani selaku Kepala Balai Diklat Keuangan Denpasar, menyampaikan bahwa komunikasi ini merupakan kompetensi yang penting dan bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu tugas kita sebagai ASN adalah menyampaikan kebijakan pemerintah kepada para stakeholder atau masyarakat umum. Tugas tersebut tentu membutuhkan kompetensi komunikasi yang baik, sehingga kita perlu untuk terus mengembangkan kompetensi komunikasi kita agar menjadi efektif dan informatif.
PJJ Communication Skills Tingkat Dasar angkatan 1 ini akan difasilitasi oleh Pak Taufiqurrahman (Widyaiswara Madya dari Pusdiklat Kepemimpinan dan Manajerial BPPK) dan Bapak Nailul Hisan (Widyaiswara Madya BDK Denpasar). Kedua fasilitator tersebut merupakan widyaiswara yang sangat berpengalaman dan berkompeten dalam bidang kompetensi manajerial khususnya di bidang komunikasi. Selamat mengikuti pelatihan ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Rahajeng ngemargiang PJJ Communication Skills Tingkat Dasar angkatan 1. Matursuksma.
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik