home
Berita
Pengumuman
Artikel
Video
Sub Menu 1
Sub Menu 2
Sub Menu 3
Sub Menu 4
Sub Menu 5
Amati dan Pelajari
Balai Diklat Keuangan Cimahi
Kamis, 21 Februari 2019 12:07 WIB
[Bandung, 21 Februari 2019] Peserta Pelatihan Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) Angkatan I berkesempatan melakukan Observasi Lapangan (OL) pada dua unit kerja untuk mengamati dan mempelajari bagaimana pelayanan yang diberikan oleh dua unit kerja tersebut. Pertama yang dikunjungi adalah Plasa Telkom Lembong Witel Bandung. Unit lainnya yaitu Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga.
Hari Kamis, 21 Februari 2019 merupakan waktu bagi Peserta Pelatihan Petugas TPT Angkatan I untuk belajar di luar kelas dalam rangka OL. OL menjadi peluang bagi peserta dalam mengamati dan mempelajari pelayanan yang dilakukan oleh unit lain. Dalam hal ini, unit tersebut antara lain Plasa Telkom Lembong Witel Bandung (Kantor milik BUMN) dan Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga (Kantor Perbankan). Berbagai bentuk pelayanan yang bisa diamati meliputi fasilitas, sikap, dan penampilan petugasnya. Peserta dan tim pengajar mendapatkan pengarahan, materi, dan pendampingan seputar pelayanan langsung kepada masyarakat dari tim-tim fasilitator yang berada di lokasi pengamatan.
Peserta menerima materi oleh tim fasilitator dari Plasa Telkom Witel Bandung
Kegiatan OL dimulai dari Plasa Telkom Lembong Witel Bandung. Kedatangan peserta dan tim pengajar sudah dinantikan oleh tim fasilitator unit ini. Di sini, peserta menerima materi dan diajak berkeliling oleh tim fasilitator. Peserta sekilas melihat kemewahan fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati pelanggan. Fasilitas yang dinikmati terlihat futuristis dan menciptakan suasana yang membuat pelanggan menjadi nyaman dan tidak bosan.
Kursi pijat agar pelanggan merasa nyaman
Tersedia permainan agar pelanggan tidak bosan
Beralih ke tempat berikutnya, di Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga, tim fasilitator sudah bersiap menerima kedatangan peserta dan tim pengajar. Tim fasilitator membagikan pengetahuan dan nasihatnya kepada peserta terkait pelayanan langsung kepada masyarakat. Selanjutnya, peserta diajak melihat-lihat dan mengamati pelayanan oleh tim fasilitator. Di tempat ini, peserta merasakan pesona tersendiri atas pelayanan dari antusiasme, sikap, dan penampilan petugasnya.
Tim fasilitator membagikan pegetahuan dan nasihat kepada peserta
OL yang dilakukan peserta di Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga
Kegiatan OL peserta berakhir setelah mengunjungi Bank Mandiri ini. Selanjutnya peserta kembali ke kelas dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian komprehensif dan pentas inaugurasi dalam rangka mempraktikkan materi yang selama ini sudah didapatkan.
Dokumentasi lain kegiatan OL dapat dilihat sebagai berikut:
Salah satu fasilitas di Plasa Telkom Lembong Witel Bandung
Foto bersama di Plasa Telkom Lembong Witel Bandung
Peserta bertanya saat sesi di Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga
Peserta yang beruntung dalam sesi kuis di Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga
Foto bersama di Bank Mandiri Kantor Cabang Bandung Braga
Layanan Informasi Unit
Layanan Informasi Kediklatan dan Pembelajaran
Layanan Bantuan dan Pengaduan
Informasi Publik