Pelayanan Publik

1. Standar Pelayanan

Standar Pelayanan adalah tolok ukur/parameter yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan publik dan acuan penilaian kualitas pelayanan publik sebagai keharusan dan janji organisasi penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat dalam rangka pelayanan publik yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Sebagai organisasi penyelenggara pelayanan publik yang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kualitas pelayanan publik, Pusdiklat Keuangan Umum senantiasa berupaya untuk menerapkan standar pelayanan sebagaimana tercantum pada tautan berikut:

Infografis Standar Pelayanan

Standar pelayanan dalam format yang lebih detail dapat diakses pada tautan:

Standar Pelayanan Pusdiklat Keuangan Umum

Standar Pelayanan di Lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan

2. Maklumat Pelayanan

Maklumat Pelayanan adalah pernyataan tertulis yang berisi keseluruhan rincian keharusan dan janji yang terdapat dalam Standar Pelayanan.

Sebagai organisasi penyelenggara pelayanan publik yang terus berkomitmen untuk senantiasa menerapkan standar pelayanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada publik, Pusdiklat Keuangan Umum telah menetapkan maklumat pelayanan sebagaimana tercantum pada tautan berikut:

Maklumat Pelayanan

3. Moto dan Janji Layanan

Dalam rangka menjaga integritas dan meningkatkan pelayanan Pusdiklat Keuangan Umum kepada seluruh stakeholders dan masyarakat, Pusdiklat Keuangan Umum memiliki moto dan janji layanan serta senantiasa berkomitmen untuk menerapkannya.

Moto layanan Pusdiklat Keuangan Umum adalah “BAHAGIA Melayani” yang merupakan akronim dari nilai-nilai layanan Pusdiklat Keuangan Umum yaitu, Bersih, Akuntabel, HArmonis, Gesit, Inovatif, dan Adaptif.

Deskripsi dari tiap-tiap nilai-nilai “BAHAGIA” pada moto layanan tersebut dapat dilihat pada tautan:

Moto Layanan Pusdiklat Keuangan Umum

Adapun janji layanan Pusdiklat Keuangan Umum dapat diakses pada:

Janji Layanan Pusdiklat Keuangan Umum

4. Ngobrol Pintar Hidup Tambah Manfaat (Ngopi Hitam)

Ngopi Hitam (Ngobrol Pintar Hidup Tambah Manfaat) adalah sebuah diskusi dengan format gelar wicara yang dikemas dalam sebuah acara non formal dan mengangkat tema-tema terkini terkait Kementerian Keuangan.

Target audiens dari acara ini adalah pegawai Kementerian Keuangan dan K/L serta masyarakat pada umumnya. Acara ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Keuangan Umum secara live melalui Zoom dan Youtube setiap hari Kamis pukul 14.00 WIB. Program ini dimulai sejak Juni 2020 dan masih aktif hingga saat ini.

Follow Instagram @pusdiklat.ku untuk mengetahui topik-topik pembicaraan beserta tautan zoom untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Rekaman kegiatan ini dapat diakses pada Youtube Pusdiklat Keuangan Umum melalui tautan:

Rekaman Ngopi Hitam

5. PodcastKU

PodcastKU adalah siniar yang diiniasi oleh Pusdiklat Keuangan Umum dengan tagline “Pengetahuan dalam GenggamanKU”.

Tema-tema dalam siniar ini mengangkat topik-topik menarik yang bermanfaat baik bagi para pegawai Kementerian Keuangan maupun masyarakat pada umumnya.

PodcastKU dapat diakses di Spotify: PodcastKU dan follow juga Instagram @pusdiklat.ku untuk update dengan topik-topik terbaru ya.

Kumpulan siniar ini dapat diakses pada Youtube Pusdiklat Keuangan Umum melalui tautan:

1. PodcastKU Bagian 1

2. PodcastKU Bagian 2

6. Sistem informasi Pelayanan Publik Nasional

Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) merupakan layanan informasi publik satu pintu yang berupa aplikasi berbasis website yang dikembangkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Republik Indonesia yang meliputi penyimpanan, pengelolaan serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat.

Sebagai instansi penyelenggara pelayanan publik, Pusdiklat Keuangan Umum telah terhubung dengan SIPPN. SIPPN dapat diakses pada tautan: https://sippn.menpan.go.id

7. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

Survei Kepuasan Masyarakat adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Sejak bulan Februari tahun 2022, Pusdiklat Keuangan Umum telah melaksanakan survei tersebut yang disebarkan kepada para stakeholder yaitu para peserta pelatihan.

Hasil pengukuran dari survei tersebut berupa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang terdiri 9 unsur survei dengan skala maksimal 4 (empat) dan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses pada tautan sebagai berikut:

1. Bulan Februari dan Maret 2022

2. Bulan April 2022

3. Bulan Mei 2022

4. Bulan Juni 2022

5. Bulan Juli 2022

6. Bulan Agustus 2022

7. Bulan September 2022

8. Kajian Akademis

Kajian Akademis adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh paling kurang satu orang dan paling banyak dua orang pegawai di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Adapun prosiding kajian akademis Pusdiklat Keuangan Umum yang berisi kumpulan sinopsis dari hasil kajian akademis dapat diunduh melalui tautan berikut ini:

Prosiding Kajian Akademis Pusdiklat Keuangan Umum Tahun 2022

Prosiding Kajian Akademis Pusdiklat Keuangan Umum Tahun 2021

Prosiding Kajian Akademis Pusdiklat Keuangan Umum Tahun 2020

Prosiding Kajian Akademis Pusdiklat Keuangan Umum Tahun 2019