KPA Harus Mampu Mengendalikan Pengelolaan Anggaran di Satuan Kerjanya

[Yogyakarta] 07 Juni 2018. Menjelang cuti bersama 2018 dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439H Balai Diklat Keuangan (BDK) Yogyakarta menuntaskan kegiatan terakhirnya sebelum memasuki periode libur panjang yaitu penyelenggaraan Pelatihan Tematis Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Tahun Anggaran 2018. Pelatihan tersebut dibuka secara resmi pada hari Rabu, 6 Juni 2018 oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ludiro, didampingi oleh Kepala BDK Yogyakarta, Ariefina Sri Indaryani. Pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari yaitu mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Juni 2018.

berita36a

Pelatihan Tematis Kuasa Pengguna Anggaran dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta pelatihan supaya dapat melaksanakan tugas sebagai Kuasa Pengguna Anggaran sesuai peraturan yang berlaku. Pelatihan tersebut diikuti oleh 27 peserta yang berasal dari para pegawai di lingkungan DJP, DJBC, DJPB, DJKN, dan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta diharapkan mampu untuk menganalisis secara tematis dokumen perencanaan penganggaran, menerapkan mekanisme pendapatan dan belanja negara sesuai kewenangan KPA, menyelesaikan permasalahan pada proses pengadaan barang dan jasa sesuai dengan kewenangan KPA, memahami sistem akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah pusat, dan melaksanakan mekanisme pengawasan, pengendalian dan penyelesaian kerugian negara.

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan tersebut Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ludiro, mengatakan bahwa tugas Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) bukan merupakan tugas pokok sebagai kepala kantor, tetapi walaupun demikian tugas tersebut tetap menjadi bagian tugas yang harus dilakukan karena dalam melaksanakan tugas yang utama jika tidak disertai dengan pengelolaan anggaran, otomatis tugas utamanya tidak akan bisa berjalan. Kesuksesan dan kelancaran pengelolaan anggaran sangat tergantung kepada KPA. Dalam menjalankan tugasnya KPA dibantu oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pembuat SPM, dan Bendahara Pengeluaran. Seorang KPA dituntut untuk dapat mengendalikan pengelolaan anggaran di satuan kerjanya (satker) masing-masing di samping melaksanakan tugas-tugas utama.

berita36bIssue terkait dengan anggaran yang sudah dialokasikan ke dalam Dokumen Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) saat ini adalah belum bisa dieksekusinya pelaksanaan anggara tersebut dengan baik. Agar pelaksanaan anggaran tersebut dapat berjalan dengan baik maka tingkat kebenaran alokasi anggaran dengan tingkat kebenaran eksekusi atas alokasi tersebut harus dapat dicapai secara bersamaan”, papar Ludiro dalam sambutannya.

Selesai membuka pelatihan secara resmi Ludiro memberikan ceramah dengan tema “Kebijakan APBN Tahun 2018”. Dalam ceramahnya Ludiro menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan mengelola APBN melalui pengelolaan fiskal dan pengelolaan kekayaan negara. Dalam postur APBN cakupan fiskal meliputi pendapatan, belanja, dan pembiayaan. Sesuai dengan visi Kementerian Keuangan yaitu menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi yang inklusif di abad 21 maka yang dikejar bukan hanya semata besaran pertumbuhan ekonomi saja tetapi juga kualitasnya. Sasaran yang ingin dicapai dari APBN adalah untuk mengurangi angka pengangguran, mengurangi tingkat kemiskinan, mengurangi ketimpangan distribusi pendapatan masyarakat (yang dicerminkan dari angka gini ratio), dan meningkatkan angka indeks pembangunan manusia.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016