Kasubbag. Umum Merupakan Miniatur Dari Menteri Keuangan

[Yogyakarta]Selasa, 6 Februari 2018. Setelah hari senin tanggal 5 Februari 2018 kemarin diselenggarakan diklat perencanaan penganggaran bagi staf perencana,

berita10apada hari ini Selasa tanggal 6 Februari 2018 Balai Diklat Keuangan Yogyakarta menyelenggarakan diklat yang sama yaitu perencanaan penganggaran tetapi pesertanya adalah para Kepala Sub Bagian Umum di lingkungan Kementerian Keuangan. Diklat ini dibuka secara resmi oleh Ibu Chalimah Pujihastuti (Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan) didampingi oleh Kepala Balai Diklat Keuangan Yogyakarta. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Kasubbag Umum mempunyai posisi sangat penting karena kasubbag umum di masing-masing satker merupakan miniatur dari Menteri Keuangan. Para Kasubbag Umum adalah menteri keuangan di masing-masing satker, maka kewenangan menteri keuangan itulah yang direplika dan diadaptasi pada peran Kasubbag Umum. Kasubbag Umum mengelola sumber daya yang ada di satker masing-masing mulai dari sisi aset manajemen, sisi keuangan, sisi sumber daya manusia, dan seluruhnya ada di satu tangan yaitu kasubbag umum. Dalam konteks perencanaan penganggaran berarti kita akan bicara bagaimana merencanakan, menganggarkan, melaksanakan, dan mempertanggungjawabkan setiap sen rupiah yang telah direncanakan secara akuntabel dan transparan.

Setelah membuka secara resmi diklat tersebut, beliau melanjutkan materi ceramah dengan tema “Best Practice Penganggaran Kementerian Keuangan”. Dalam ceramah nya beliau menyampaikan bahwa:

  1. Kita harus refleksi pada diri kita sendiri apakah yang kita rencanakan sudah benar, sudah on the track atau masih ada hal-hal yang mesti kita perbaiki atau kita improve. Kenapa kita harus melakukan perencanaan dan penganggaran dengan benar, karena pada akhirnya nanti agar hasilnya bisa berdampak pada kualitas layanan organisasi dan secara luas dapat berdampak pada masyarakat.
  2. Dasar hukum reformasi pengelolaan keuangan negara adalah dengan diterbitkannya 3 (tiga) paket Undang-Undang Keuangan Negara yaitu UU 17/2003, UU 1/2004, dan UU 15/2004. Dengan diterbitkannya undang-undang tersebut kita melakukan reform karena praktik yang berlaku pada zaman dahulu sudah tidak efisien dan tidak optimal, sehingga perlu diganti.
  3. Dalam mengelola keuangan negara dikenal dengan istilah akuntabilitas yang prinsipnya adalah Catat, Lapor, Periksa. Yang artinya adalah segala semua yang dikelola oleh manajemen harus tercatat, yang tercatat harus dilaporkan, dan yang telah dilaporkan harus diperiksa.
  4. Sebagai insan perencana harus mempunyai pengetahuan yang luas, paling tidak harus mengetahui program Nawacita, Visi Misi Kementerian Keuangan, dan Visi misi unit eselon I. Menteri Keuangan meminta improvement yang ada di Kementerian Keuangan menjadi role model untuk seluruh kementerian/lembaga. Menteri Keuangan ingin selalu lima langkah lebih maju dari Kementerian/Lembaga lainnya. Harus selalu ada perbaikan terus menerus secara kualitas dari tahun ke tahun. Perbaikan kualitas yang paling kasat mata adalah kulitas perbaikan layanan dan peningkatan pendapatan. Jadikanlah perilaku efisien dan optimal sebagai budaya di kementerian keuangan. Dengan kunci value for money bisa diperankan dengan baik.

Diakhir ceramah dipesankan kepada para peserta diklat bahwa Kasubbag Umum adalah ujung tombak dalam pengelolaan keuangan. Diharapkan kualitas penyerapan tahun 2018 harus lebih baik tahun dari 2017 dan sebelumnya.

Diklat ini akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari kedepan yang diikuti sebanyak 23 peserta yang berasal dari DJBC 5 orang, DJP 13 orang, DJPb 3 orang, DJKN 1 orang, dan BPPK 1 orang. Sedangkan pengajar dan penceramah dari Widyaiswara Pusdiklat AP dan Pejabat dari Biro Perencanaan Keuangan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016