Serunya “Merasakan” Toleransi Melalui SBKK

Jakarta, 10 Juli 2018. Setiap orang pasti pernah mendengar kata toleransi, namun tidak semua orang mampu memahaminya secara komprehensif. Selain karena bagian dari dasar negara Pancasila, toleransi menjadi hal yang krusial karena masyarakat Indonesia begitu beragam budaya, bahasa, suku, etnis, hingga keyakinannya. Untuk dapat memahaminya, toleransi itu tak semata-semata diucapkan dan diajarkan. Sebab toleransi merupakan sebuah rasa, maka ia harus dirasakan.

 

IMG 7504

Bagaimana cara merasakan toleransi? Hal ini lah yang ingin dikenalkan dalam program Seminggu Bersama Keluarga Kemenkeu (SBKK). Program ini memungkinkan para pelajar SMP yang terpilih dari berbagai daerah di Indonesia untuk menginap selama sembilan hari mulai 7-15 Juli 2018 di kediaman pejabat Kementerian Keuangan sebagai keluarga asuh. Selama sembilan hari tersebut mereka akan belajar saling menghargai budaya dan keyakinan yang berbeda dengan lingkungan mereka selama ini.

Setibanya di Jakarta pada Sabtu (7/7/2018) lalu, senyum antusias telah menghiasi wajah 13 Adik SBKK yang seakan tak sabar mengikuti rangkaian kegiatan selama seminggu ke depan. Mereka kemudian diperkenalkan dengan Kakak SBKK yang terdiri dari mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang akan memandu mereka selama kegiatan.

Selama sembilan hari di Jakarta, sejumlah agenda telah disiapkan agar Keluarga SBKK dapat benar-benar merasakan dan memahami toleransi. Untuk itu, Adik dan Kakak SBKK diajak mengenali kebinekaan Indonesia dengan wisata edukasi ke Museum Perangko, Museum Keprajuritan, dan berkeliling Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tak hanya melihat dan belajar, Adik dan Kakak SBKK juga berkesempatan saling bertukar cerita tentang budaya mereka masing-masing pada kegiatan tersebut.

Usai berkeliling TMII, pada Selasa (10/7/2018) Adik dan Kakak SBKK diajak mengunjungi Kampung Bineka di Cilincing, Jakarta Utara. Di kampung ini lah beragam umat beragama hidup berintegrasi sosial, rukun dan damai. Pemandangan menyejukkan tersebut merekahkan senyum di wajah para Adik dan Kakak SBKK. Mereka pun antusias memenuhi rasa penasaran mereka ketika berkunjung ke sejumlah rumah peribadatan di sana.

Untuk mengasah kemampuan berpikir dan kreativitas mereka, panitia program meminta Adik SBKK membentuk kelompok dan menjelaskan makna toleransi yang mereka ketahui, serta bagaimana bentuk implementasinya. Tidak dengan cara biasa, mereka diminta memvisualisasikannya melalui gambar atau bagan pada sebuah kertas flipchart. Adik-adik SBKK ini pun terlihat sangat bersemangat dan mudah akrab walaupun baru mengenal satu sama lain.

Meski berusia belia, Adik-adik SBKK sudah cukup memahami tokoh-tokoh yang berperan di pemerintahan saat ini. Mereka mengungkapkan ketidaksabarannya untuk bertemu dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang dijadwalkan akan berkunjung pada Jumat (13/7/2018) malam. Untuk mengenal secara singkat tentang Kemenkeu, Adik SBKK akan diperkenalkan kepada dasar-dasar keuangan negara sejak dini melalui games pajak dan APBN.

Program yang bekerja sama dengan yayasan SabangMerauke ini didesain sedemikian rupa untuk membuat peserta merasa nyaman, puas, dan gembira, namun di sisi lain juga mampu memahami dan merasakan arti toleransi. SBKK yang digelar perdana tahun ini merupakan komitmen Kemenkeu untuk menyebarkan semangat toleransi dan kebinekaan melalui cara yang berbeda dan menyenangkan.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • PERAN PEJABAT/PANITIA PENERIMA HASIL PEKERJAAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH +

    Oleh Abu Samman Lubis* Abstrak       PjPHP/PPHP adalah salah satu pelaku pengaadaan, tugasnya adalah memeriksa administrasi hasil pekerjaan Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016