Peserta Latsar Kemenperin Antusias Mengenal Corpu

Sebanyak 25 peserta pelatihan dasar (latsar) Kementerian Perindustrian melakukan studi lapangan ke sekretariat Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Mereka bertandang ke kantor BPPK untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan di BPPK, khususnya studi banding latsar yang dinaungi Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM). Pada kesempatan ini pula, BPPK berkesempatan memperkenalkan strategi Corporate University (Corpu) kepada peserta latsar dan perwakilan Pusdiklat Kemenperin yang hadir.

 

1-Kunjungan Peserta Latsar Kemenperin 08062018

Salah satu yang menjadi penekanan pada studi lapangan tersebut adalah konsep Corpu di mana pegawai dan masyarakat umum dapat mengakses ilmu di mana saja dan kapan saja. Implementasi strategi Corpu pada latsar contohnya pada mata pelatihan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) yang diakses secara online. Peserta latsar tidak perlu mengikuti kelas konvensional atau tatap muka, melainkan cukup mengakses materi melalui situs Kemenkeu Learning Center (KLC).

2-Kunjungan Peserta Latsar Kemenperin 08062018

“Dengan mengembangkan Corpu kami ingin meminimalkan pelatihan klasikal. Jadi tidak perlu semua yang harus diketahui pegawai dilatihkan. Tujuannya untuk mengefektifkan pembelajaran, karena justru laboratorium terbaik bagi pegawai adalah kantor mereka sendiri,” urai Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi PPSDM, Arif Rahmanto, Jumat (8/6/2018) di Gedung E BPPK.

Arif menambahkan, dengan adanya strategi tersebut, mampu mengefisienkan anggaran hingga Rp2 miliar per hari karena menghemat ruang kelas, konsumsi, tenaga pengajar, dan lain sebagainya. “Banyak yang bisa dipangkas dengan adanya e-learning, dikalikan sejumlah orang, itu baru biaya per hari saja,” lanjut Arif yang disambut riuh kagum peserta.

Selain sesi materi, peserta latsar Kemenperin tersebut juga diajak berkeliling untuk melihat sejumlah fasilitas penunjang yang ada di BPPK, seperti perpustakaan, klinik, dan ruang penitipan anak. Sejumlah peserta pun berebut melihat, mencatat dengan seksama, dan mengajukan pertanyaan kepada petugas yang bekerja di perpustakaan dan klinik.

3-Kunjungan Peserta Latsar Kemenperin 08062018

Kunjungan selama kurang lebih tiga jam tersebut berlangsung hangat dengan antusiasme pesertanya yang begitu tinggi. Mereka nampak bersemangat untuk lebih mengenal strategi Corpu dan pelatihan di BPPK dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Kepala Subbagian Organisasi, Sunardi pun berharap tidak hanya peserta latsar Kemenperin yang belajar dari BPPK, tetapi juga sebaliknya.

“Karena justru itu prinsip dari Kemenkeu Corpu, bukan hanya satu pihak saja, tetapi kedua belah pihak sama-sama belajar,” tutur Sunardi.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016