Sepenggal Cerita dari Rapat Pimpinan BPPK 2018: Dari Punakawan hingga Star Wars, Kearifan Lokal hingga Inovasi Masa Depan

[Magelang] Jumat, 9 Februari 2018. Tidak biasa. Sebuah kesan yang didapatkan saat menyaksikan salah satu rangkaian acara Rapat Pimpinan (Rapim) BPPK Tahun 2018, yaitu peresmian Pendopo Mulyatno Sindhudarmoko, sebuah pendopo penuh nilai sejarah yang berlokasi di areal Balai Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Magelang dan baru selesai dipugar tahun 2017 lalu.

Mengingat pendopo adalah bangunan besar nan agung dan merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Jawa sejak jaman leluhur, maka prosesi peresmian mulai dari pembukaan, penandatanganan prasasti, hingga pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya pendopo, seluruhnya menggunakan bahasa dan adat Jawa. Yang juga tidak biasa adalah adanya iringan empat Punakawan yang dalam kesusastraan Jawa dikisahkan sebagai pengikut ksatria, ketika Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Astera Primanto Bhakti, memasuki lokasi peresmian dan menyampaikan sambutan.

Magelang 1

Salah satu Punakawan saat sedang menampilkan pertunjukan di depan tamu undangan

Peresmian pendopo yang dulunya merupakan rumah tinggal Bupati Magelang ini tidak hanya dihadiri oleh para pejabat/pegawai di lingkungan BPPK, tetapi juga jajaran pejabat Eselon II dan III dari berbagai satker Kementerian Keuangan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mengingat pendopo ini merupakan aset budaya yang tidak hanya dimiliki oleh Balai Diklatpim Magelang, hadir juga dalam acara tersebut tamu undangan dari berbagai latar belakang organisasi, mulai dari militer, kepolisian, agama, Pemerintah Daerah, hingga badan usaha yang selama ini bekerja sama dengan Balai Diklatpim Magelang.

Magelang 6

Sambutan Kepala BPPK disertai para Punakawan

Peresmian pendopo ini bukan satu-satunya kegiatan yang dihelat oleh BPPK hari ini (9/2). Diselenggarakan pula prosesi penghargaan dan penyerahan kenang-kenangan kepada tujuh belas pegawai BPPK yang telah memasuki masa purna bhakti. Satu di antara ketujuh belas orang tersebut adalah Agus Hermanto, mantan Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan masa pengabdian 2013 hingga 2016. Beberapa pejabat tinggi yang diundang juga menjadi saksi ditetapkannya Zona Integritas di BPPK. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I, Irawan, bersama dengan Ludiro, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan DI Yogyakarta, beserta Sekretaris Daerah Kota Magelang, Sugiharto, didaulat untuk menjadi saksi dalam penandatanganan piagam Zona Integritas BPPK yang dilakukan oleh Kepala BPPK beserta jajaran eselon II dan para Kepala Balai Diklat.

Magelang 3

Foto bersama pegawai BPPK yang memasuki masa Purna Bhakti

Magelang 4

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan DI Yogyakarta saat menandatangani piagam Zona Integritas BPPK

Karena berlokasi di tempat diselenggarakannya Diklat Kepemimpinan, kesempatan berada di Magelang juga dimanfaatkan oleh Kepala BPPK untuk melakukan sharing session bersama para peserta Diklatpim IV.

“Dua tahun terakhir ini, Kementerian Keuangan mencatatkan prestasi yang luar biasa. Hal ini merupakan hasil kerja sama dari seluruh elemen Kementerian Keuangan. Keyword-nya adalah sinergi. Ke depan, saya inginkan rekan-rekan di sini bisa tetap menjaga profesionalisme di bidangnya masing-masing, tetapi juga ikut memahami dan memikirkan unit Eselon I lain untuk tujuan yang lebih besar. Dan diklat ini merupakan sebuah laboratorium sinergi yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Prima di hadapan para peserta diklat.

Sejalan dengan semangat Corporate University, khususnya terkait Knowledge Management, di akhir sesi, Prima memberikan pekerjaan rumah kepada para peserta untuk meng-capture pekerjaan dan problematika peserta di tempat kerja masing-masing dalam bentuk video agar knowledge tersebut tidak hanya menjadi milik diri peserta, tetapi menjadi milik khalayak. Bersamaan dengan sesi sharing session ini, dilaksanakan pula kegiatan Diskusi Identifikasi dan Pemenuhan Kebutuhan Pembelajaran untuk Regional Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Tahun Anggaran 2018-2019 yang dipimpin oleh Kepala Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Anies Said Basalamah. Pada kesempatan tersebut, pihak Pusdiklat selaku pemilik program dan pihak unit Eselon I selaku pihak yang membutuhkan program pelatihan berdiskusi dan mencoba menetapkan kebutuhan program pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk periode tahun 2018-2019.

Magelang 5

Sharing session bersama peserta Diklatpim IV

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan Rapat Pimpinan Terbatas (Rapimtas) yang dipimpin oleh Kepala BPPK. Isu yang dibahas di antaranya kajian tentang pengalihan keseluruhan biaya penyelenggaraan diklat-diklat terkait perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan anggaran yang dikelola oleh Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, dari K/L pengirim peserta kepada BPPK seperti skema Diklat PPAKP. Dalam rapat tersebut dibahas juga perubahan jabatan dan anggota Shadow Structure Kemenkeu Corpu dikarenakan adanya mutasi, rotasi, dan purna bhakti. Dari rapat tersebut dihasilkan beberapa rekomendasi khususnya terkait penganggaran diklat yang akan diteruskan langsung kepada Menteri Keuangan sebagai bentuk usulan perbaikan. Di akhir rapat, Kepala BPPK mengingatkan semua elemen BPPK agar terus berinovasi.

“Siapa di antara kalian yang udah nonton film Star Wars?” tanya Prima kepada seluruh peserta rapat yang hanya diikuti dengan dua acungan tangan.

Menurutnya, dari film tersebut kita diajarkan untuk melihat jauh ke depan. Film tersebut menginspirasi kita untuk memantik inovasi-inovasi revolusioner yang mungkin tidak lazim tetapi diharapkan mampu membuat kinerja kita ke depan menjadi semakin diperhitungkan.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016