Pelatihan Perdana Motivasi dan Pemberdayaan

220419-1

(Jakarta) –Pelatihan Peningkatan Kompetensi Motivasi dan Pemberdayaan diselenggarakan untuk pertama kalinya di tahun 2019 oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Berlokasi di lingkungan Pusdiklat Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat, Pelatihan ini diikuti oleh 26 orang pejabat eselon IV yang berasal dari unit Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Sekretariat Jenderal, dan Inspektorat Jenderal.

 

220419-2

Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi, Budi Setiawan, mengawali pelatihan dengan menyapa para peserta dalam pembukaan yang dilakukan selama lebih-kurang 30 menit. Budi menyampaikan pentingya mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, “kita harus membangun persepsi agar output kita harus digunakan sebaik mungkin”. Melalui pengalaman yang dialaminya dalam mengikuti pelatihan, Budi menegaskan “Jangan sampai merugi karena ketidakberadaan di kantor dan tidak in dalam mengikuti diklat,” tambahnya.

220419-3

 

Lebih lanjut Budi menegaskan agar para peserta menjadi ‘pemburu’ dalam pelatihan. “Yaitu mencari hal-hal positif yang dapat kita aplikasikan dari diklat,” jelasnya. Budi menambahkan bahwa memburu dapat dilakukan dengan mencari sesuatu yang cocok dan tidak cocok dari materi yang diperoleh, “yang tidak cocok jangan dilakukan,” ujarnya. Beliau juga menekankan kepada para peserta untuk meruntuhkan mental block dalam menerima materi pelatihan agar tidak mengalami kerugian waktu dan tidak sampai tidak mendapatkan apapun selama pelatihan.

220419-4

Pelatihan Peningkatan Motivasi dan Pemberdayaan diselenggarakan dengan tujuan agar para pesertanya mampu memotivasi dan memberdayakan diri sendiri dan orang lain (bawahan). Pelatihan ini diagendakan berlangsung selama lima hari kerja dengan metode ceramah, sharing, diskusi, indoor activity learning, dan talkshow dari nararumber berpengalaman . Fokus pelatihan diarahkan kepada penanaman konsep dan praktik dalam terkait memotivasi dan memberdayakan, baik diri sendiri maupun orang lain.

 

220419-5

Selain Pelatihan Peningkatan Motivasi dan Pemberdayaan, pada waktu yang bersamaan juga diselenggarakan dua pelatihan lainnya di lokasi yang sama, yakni Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia Tingkat Dasar Angkatan V dan Pelatihan Persiapan Sertifikasi Penyuluh Antikorupsi Angkatan 9 dan 10. Kedua jenis pelatihan ini juga diselenggarakan dalam masa lima hari kerja.

220419-6

220419-7

Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia Tingkat Dasar Angkatan V dibuka oleh Kepala Subbidang Penyelenggaraan, Mulyadi, dan diikuti oleh 25 orang peserta yang merupakan para pelaksana dari berbagai unit kerja di lingkungan Kementerian Keuangan. Sementara itu, total sebanyak 53 orang peserta dipersiapkan menjadi penyuluh antikorupsi untuk lingkungan kerjanya masing-masing. Melalui dua pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan dari para fasilitator untuk mencapai tujuan yang diharapkan dari pelatihan.

220419-8

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • MENGUPAS TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA DALAM APBN 2019 +

    Kebijakan fiskal yang dijalankan pemerintah tahun 2019 ini diberi Tema “APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing Melalui Pembangunan (Investasi) Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016