Mengenali Lawan Negosiasi Hingga Pentingnya Konsep Diri yang Positif

Memasuki awal Februari 2019 Pusdiklat PSDM kembali mengadakan beberapa pelatihan diantaranya yaitu Pelatihan Effective Negotiation Skills Angkatan III, Communication Skill Angkatan II, Coaching untuk Dialog Kinerja Individu Angkatan I dan juga Workshop Manajemen SDM Tingkat Tinggi Angkatan I. Ketiga pelatihan dan workshop tersebut diadakan di Pusdiklat Pajak, Kemanggisan Jakarta Barat. Pelatihan Effective Negotiation Skills Angkatan III, Communication Skill Angkatan II, Coaching untuk Dialog Kinerja Individu Angkatan I dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 6-8 Februari 2019. Sedangkan Workshop Manajemen SDM Tingkat Tinggi dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 7-8 Februari 2019.

110219-2

Pelatihan Effective Negotiation Skills angkatan III diikuti oleh 26 peserta pelatihan dari berbagai unit Kementerian Keuangan. Selama tiga hari peserta dilatih oleh narasumber yang ahli dalam hal negosiasi. Para peserta diajarkan strategi dan teknik-teknik negosiasi agar dapat melakukan negosiasi guna mencapai tujuan organisasi. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pusdiklat PSDM, Anies Said Basalamah. Selain membuka pelatihan, Anis juga memberikan ceramah pada pelatihan tersebut. Dalam ceramahnya, Anies menyampaikan bahwa hal yang penting dalam negosiasi yaitu tidak boleh hanya memperhatikan hal yang tangible saja dari lawan negosiasi, namun juga harus memperhatikan hal yang bersifat intangible. ”Kenali lawan negosiasi kita dengan baik, itu merupakan teknik sederhana untuk bisa mengetahui intengible lawan negosiasi kita “ ujar Anies di depan peserta pelatihan.

110219-3

Pelatihan lainnya yaitu pelatihan Communication Skill Angkatan II diikuti oleh 28 peserta pelatihan dan Pelatihan Coaching untuk Dialog Kinerja Individu diikuti oleh 22 peserta pelatihan. Melalui Pelatihan Communication Skill, para peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi secara efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja ketika kembali ke unitnya masing-masing. Salah satu Widyaiswara yg mengajar pada Pelatihan Communication Skill, Khalimi mengajarkan pentingnya konsep diri yang positif. Dengan afirmasi diri yang positif akan membentuk konsep diri yang positif sehingga akan dapat tercipta komunikasi yang efektif pula. Selama kelas berlangsung Khalimi meminta seluruh peserta menuliskan kelebihan dan kekurangan diri masing-masing peserta pada selembar kertas kemudian kertas yang berisi kekurangan diri dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah wadah, sedangkan kertas yang berisi kelebihan diri dapat disimpan oleh peserta. Hal tersebut bertujuan agar peserta fokus pada kelebihan diri sendiri sehingga peserta dapat menciptakan afirmasi yang positif untuk dirinya sendiri.

110219-4

Sementara itu, Pelatihan Coaching untuk Dialog Kinerja Individu dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan bagi pejabat Kementerian Keuangan untuk melakukan coaching secara efektif dalam rangka Dialog Kinerja Individu bersama dengan bawahan di unit kerja masing-masing. Salah satu Widyaiswara yang mengajar Pelatihan Coaching untuk Dialog Kinerja Individu , Tony Rooswiyanto mengajak peserta pelatihan untuk berdiskusi kelompok terkait praktik coaching di lingkungan kerja masing-masing dan juga cara menjadi coach yang efektif. Setelah berdiskusi, tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka.

110219-5

Selain ketiga pelatihan tersebut, di hari yang sama juga dilaksanakan Workshop Manajemen SDM Tingkat Tinggi. Bersama dengan narasumber yang ahli di bidang Manajemen SDM yaitu Widyaiswara dan Biro SDM Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pejabat Kementerian Keuangan dalam pengelolaan kepegawaian melalui sharing session praktik inovasi manajemen SDM yang dilakukan oleh beberapa unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan agar menjadi contoh bagi para pelaku manajemen SDM di satuan kerja (satker) unit Eselon I lingkungan Kementerian Keuangan.

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016