Menjejaki Minggu Akhir Januari Dengan Tiga Pelatihan

300119-1

(Jakarta)–Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, pada minggu akhir bulan pertama tahun 2019, menyelenggarakan tiga pelatihan yang berdurasi selama 3—5 hari. Ketiga pelatihan tersebut adalah Pelatihan Peningkatan Kompetensi Middle Management Angkatan I, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Angkatan I, dan Pelatihan Effective Negotiation Skill Angkatan II. Seluruh pelatihan tersebut dilaksanakan di lingkungan Kampus Pusdiklat Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat.

300119-2

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Middle Management Angkatan I diikuti oleh 28 peserta yang merupakan para pejabat eselon III dari berbagai unit di lingkungan Kementerian Keuangan. Bersama para widyaiswara senior, para peserta diharapkan semakin berkembang dan meningkat kompetensinya dalam menjalani tugas dan jabatan sebagai pimpinan unit. Selama lima hari, para peserta akan diberikan pengetahuan tentang kepemimpinan, pemecahan masalah, merencanakan dan mengorganisasi pekerjaan, hingga memberdayakan bawahan.

300119-3

Sementara, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Angkatan I dan Pelatihan Effective Negotiation Skill Angkatan II diikuti oleh 24 dan 28 orang peserta. Kedua pelatihan tersebut memiliki durasi yang berbeda, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Angkatan I berlangsung selama 4 hari, sedangkan Pelatihan Effective Negotiation Skill Angkatan II diagendakan selama 3 hari. Dalam dua pelatihan ini, para Widyaiswara Pusdiklat PSDM mengampu berbagai materi yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

300119-4

Kepala Subbidang Penyelenggaraan, Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi, Mulyadi, membuka tiga pelatihan tersebut di dua hari yang berbeda. Pada Senin, 28 Januari 2019, Mulyadi menyambut para peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Middle Management Angkatan I, sedangkan pada Selasa, 29 Januari 2019, beliau mengawali Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Angkatan I dan Pelatihan Effective Negotiation Skill Angkatan II. Pada tiga kesempatan tersebut, selain menyampaikan garis besar terkait pelatihan, Mulyadi menyampaikan isu terkini terkait model pembelajaran yang sedang dikembangkan di BPPK.

300119-5

“Sesuai amanat Ibu Menteri, ke depannya pola pelatihan BPPK akan lebih banyak menggunakan IT,” ujar Mulyadi. Itu artinya pola pembelajaran di kelas (klasikal) yang selama ini lebih banyak diterapkan akan berganti dengan pola pembelajaran yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, yaitu menggunakan media pembelajaran ­e-learning. “Pada tahun 2021, diharapkan 70% pelatihan akan menggunakan e-learning. Bisa dalam bentuk full e-learning ataupun blended learning, perpaduan antara pembelajaran di kelas dan e-learning,” tambahnya.

Paling Banyak Dibaca

  • MENGUPAS TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA DALAM APBN 2019 +

    Kebijakan fiskal yang dijalankan pemerintah tahun 2019 ini diberi Tema “APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing Melalui Pembangunan (Investasi) Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016