Dua Ceramah Kapusdiklat PSDM

(Jakarta) – Kepala Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Annies Said Basalamah, menyampaikan dua ceramah untuk para peserta pelatihan pada Selasa, 22 Januari 2019. Secara bergantian, Kepala Pusdiklat mengunjungi para peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Eselon IV Angkatan I dan Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan II. Kedua pelatihan tersebut berlangsung di lokasi Pusdiklat Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat.

 

230119-1

Di hadapan para peserta Pelatihan Peningkatan Kompetensi Eselon IV Angkatan I, Annies berceramah dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Demi Masa Depan Yang Lebih Baik”. Dalam ceramah tersebut Annies menegaskan berbagai alasan urgensi peningkatan kompetensi, di antaranya ialah setiap jabatan menghendaki kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki pegawai dengan kompetensi yang diperlukan (job-person matched), minimum sebesar 72%. “Selain itu, pegawai yang kompeten juga akan menghasilkan kinerja yang baik sehingga dapat menjadi apa saja yang diinginkan,” tambahnya.

230119-2

Di lain tempat, di hadapan para peserta Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan II, Annies menjelaskan tentang pentingnya memberikan pelayanan prima. “Pelayanan adalah salah satu Nilai kita,” kata Annies mengingatkan mengapa pelayanan (prima) harus selalu menjadi acuan. Di tambah lagi, hanya Kementerian Keuangan yang “berani” menggunakan kata pelayanan yang melekat dalam nama-nama kantornya (KPP, KPPN, KPPBC, dan KPKNL). “Last but not least, we are civil servant alias pelayan publik,” tandasnya. status civil servant yang melekat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) semakin menegaskan bahwa pelayanan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan ASN.

230119-3

Masih di lokasi yang sama, juga dilangsungkan Pelatihan Manajemen SDM Tingkat Dasar Angkatan II dan Pelatihan Communication Skill yang baru memasuki angkatan pertama. Dipandu oleh para widyaiswara Pusdiklat PSDM, para peserta di dua pelatihan tersebut menerima materi-materi yang bersesuaian dan dibutuhkan. Salah satu di antaranya adalah materi tentang pembentukan konsep diri yang dibawakan oleh Bambang Widjajarso, Widyaiswara Ahli Madya, kepada Para Peserta Pelatihan Communication Skill. Sementara itu, para peserta Pelatihan Manajemen SDM Tingkat Dasar Angkatan II didampingi Bungkus Sasangko Purnomo, Widyaiswara Ahli Muda, pada dua hari pertama untuk mengenyam materi Dasar-Dasar Manajemen ASN, Policy, Process & Procedures, serta Pengelolaan SDM Kemenkeu.

230119-4

Pada kegiatan lainnya, Rabu, 23 Januari 2019, bertempat di Aula Gedung B Lantai 5, Sekretariat BPPK, Sharing Session Alumni penerima beasiswa diselenggarakan pada pukul 08.00—12.00 WIB. Dua orang alumni yang masing-masing berasal dari ISS of Erasmus University Rotterdam (Ridzky Aditya Saputra) dan Duke University (Diah Handayani) memaparkan hasil tesis yang mengantarkan mereka pada gelar pendidikan strata II. Dipandu oleh Tri Budi Murwanto selaku moderator, acara semakin berlangsung semarak dengan diberikannya sesi tanya jawab secara langsung maupun melalui aplikasi online sli.do.

230119-5

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016