Cerita Kegiatan Hari Pertama Dua Pelatihan di Gedung K

(Tangerang Selatan) – Untuk kesembilan kalinya, Pelatihan Excellent Frontliner diselenggarakan oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dalam kesempatan kali ini, 23 orang pegawai dari berbagai unit di lingkungan Kementerian Keuangan berpartisipasi sebagai peserta. Pelatihan ini diijadwalkan berlangsung selama empat hari, mulai 6 hingga 9 November 2018 di Ruang 109, Gedung K lantai 1, Kampus PKN STAN.

 

071118-1

Kepala Subbidang Penyelenggaraan, Mulyadi, mengawali pelatihan dengan sapaan dan sambutan di hadapan para peserta. Dalam sambutannya ia menekankan bahwa peran frontlinner sangat penting dalam suatu instansi. “Frontlinner adalah solusi pertama bagi setiap permasalahan stakeholders, frontlinner juga merupakan citra organisasi,” katanya. Baik-buruknya kesan pertama yang diterima oleh stakeholders akan diperoleh dari para frontlinner.

071118-2

Selepas pembukaan, para peserta menerima pengetahuan yang begitu berharga dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pondok Aren, Sunarko. Dengan predikat sebagai pemimpin kantor pemenang penghargaan lomba kantor pelayanan pajak terbaik se-Indonesia tahun 2016, Sunarko menekankan bahwa pelayanan menentukan hasil akhir dalam sebuah proses pekerjaan. “Oleh karena itu, kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik untuk hasil terbaik,” tandasnya.

071118-3

Sunarko menambahkan, pelayanan yang diberikan oleh KPP Pondok Aren tidak hanya pelayanan dalam bentuk proses bisnis pekerjaan. KPP Pondok Aren juga memberikan pelayanan dalam bentuk fasilitas dan inovasi yang dikhususkan bagi para stakeholders-nya. “Tidak hanya menjalankan misi mengumpulkan penerimaan negara, kami juga menjadi KPP Pendidikan bersinergi dengan PKN STAN,” katanya menjelaskan. Pengimplementasian tersebut dilakukan dengan pembuatan ruang pengajaran, laboratorium komputer, dan academic lounge untuk para mahasiswa. “Selain itu, sebagai bentuk praktik pembelajaran, kami juga melibatkan mahasiswa menjadi bagian dalam pelaksanaan tugas di KPP,” tambahnya.

071118-4

Cerita kegiatan hari pertama Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan IX dilanjutkan dengan pre-test dalam bentuk praktik pelayanan. Praktik ini dilakukan dalam bentuk role playing pemberian pelayanan dari para peserta kepada para role player dengan dipandu oleh para pengajar yang merupakan para Widyaiswara Pusdiklat PSDM (Khalimi dan Nailul Hisan). Setelahnya, para peserta melanjutkan pembelajaran kelas dengan materi quality & stakeholders focus dan penguasaan diri sendiri (intrapersonal) yang menghiasi hari pertama pelatihan.

071118-5

Pelatihan Manajemen SDM Tingkat Dasar Angkatan IV
Sehari sebelum Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan IX dimulai, Pelatihan Manajemen SDM Tingkat Dasar Angkatan IV dilaksanakan di ruang yang bersebelahan dengan pelatihan tersebut. Sebanyak 33 orang peserta mengikuti pelatihan yang berlangsung selama lima hari (5—9 November 2018). Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi, Arif Rahmanto dan dilanjutkan dengan Ceramah Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan oleh Tony Rooswiyanto, Widyaiswara Pusdiklat PSDM.

071118-6

Pelatihan Manajemen SDM Tingkat Dasar diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para pegawai dalam menyelesaikan proses administrasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) di satuan kerja unit Eselon I Kementerian Keuangan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan prinsip manajemen SDM yang baik. Terkait dengan tujuan tersebut, maka dasar-dasar manajemen ASN menjadi materi pembuka bagi pelatihan ini. Bersama Bungkus Sasongko Purnomo, yang juga merupakan Widyaiswara Pusdiklat PSDM, para peserta mendapat penjelasan materi tersebut.

071118-7

Paling Banyak Dibaca

  • PERAN PEJABAT/PANITIA PENERIMA HASIL PEKERJAAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH +

    Oleh Abu Samman Lubis* Abstrak       PjPHP/PPHP adalah salah satu pelaku pengaadaan, tugasnya adalah memeriksa administrasi hasil pekerjaan Baca Selengkapnya
  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016