Konsepsi Yang Salah Tentang Kepemimpinan

(Tangerang Selatan) – Senin, 8 Oktober 2018, dua pelatihan dilaksanakan secara serentak oleh Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dua pelatihan tersebuat ialah Pelatihan Peningkatan Kompetensi Transformational Leadership Angkatan II dan Pelatihan Effective Negotiation Skill (ENS) Angkatan VI. Kepala Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Annies Said Basalamah, membuka dan memberikan ceramah current issue pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi Transformational Leadership, sedangkan Kepala Subbidang Penyelenggaraan, Mulyadi, membuka sekaligus memberikan pengarahan program di hadapan para peserta Pelatihan ENS.

 

101018-1

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Transformational Leadership Angkatan II diikuti oleh 32 orang peserta yang merupakan para pejabat tingkat eselon III atau IV dari berbagai instansi di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam ceramah yang disampaikannya, Kapusdiklat membawakan tema “Konsepsi Yang Salah Tentang Leadership”. Kesalahan konsepsi tersebut diakibatkan karena kebanyakan orang beranggapan bahwa semua persoalan organisasi dapat diselesaikan oleh pemimpin. Menukil dari Robert Kaplan, tidak semua persoalan dapat diatasi oleh pemimpin. “Tapi sebagiannya diatasi oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, self management menjadi penting,” tambahnya.

101018-2

Lebih lanjut, dalam paparannya, Annies menjelaskan prototipe kepemimpinan berdasarkan studi kepemimpinan di berbagai negara dan kategorisasi kepemimpinan yang dibedakan berdasarkan ‘proses’, ‘tindakan’, dan ‘kemampuan’. Selain itu, melalui pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner, Annies juga melakukan mini assessment untuk mengukur kesiapan para peserta untuk menjadi seorang pemimpin. Hasilnya, sebagian besar peserta masuk pada kategori tengah, yang mengindikasikan ‘cukup siap’ menjadi seorang pemimpin.

101018-3

 

Sementara itu, di ruang yang bersebelahan, Mulyadi mengutarakan negosiasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pekerjaan sehari-hari dalam sambutan yang disampaikannya di pembukaan Pelatihan ENS Angkatan VI. Pentingnya kemahiran bernegosiasi dengan komunikasi yang baik dapat bermanfaat sangat besar dalam penyelesaian pekerjaan, terutama bagi para pegawai yang bekerja dengan berhadapan langsung dengan external stakeholders. “tidak hanya eksternal, negosiasi juga perlu dilakukan dengan pihak internal, rekan-rekan sendiri,” ujarnya.

101018-4

Pelatihan ENS Angkatan VI dilangsungkan selama tiga hari, 8—10 Oktober 2018. Secara sistematis, para peserta diajarkan dengan topik-topik terkait negosiasi, seperti prinsip-prinsip, tahapan, teknik-teknik, sasararan-sasaran, dan strategi negosiasi. Dengan dipandu oleh para pengajar yang merupakan widyaiswara Pusdiklat PSDM, 35 orang peserta bukan hanya akan mendapatkan pengetahuan terkait topik-topik di atas, melainkan juga melakukan simulasi dengan mempraktikkan situasi bernegosiasi. Sebagai penyempurna, R. Edi Prio Pambudi (Pejabat  Tinggi Kemenko Perekonomian) membagi pengalamannya dalam sesi sharing session terkait teknik-teknik negosiasi.

101018-5

Paling Banyak Dibaca

  • PERAN PEJABAT/PANITIA PENERIMA HASIL PEKERJAAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH +

    Oleh Abu Samman Lubis* Abstrak       PjPHP/PPHP adalah salah satu pelaku pengaadaan, tugasnya adalah memeriksa administrasi hasil pekerjaan Baca Selengkapnya
  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016