Mencetak Penyuluh Anti Korupsi dalam Workshop Enam Hari

(Jakarta)– Kementerian Keuangan melalui Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Workshop Penyuluh Anti Korupsi Jenjang Pratama selama enam hari kerja (12—19 September 2018). Bertempat di Sekretariat Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, 70 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi di lingkungan Kementerian Keuangan diberikan pengetahuan seluas-luasnya sebagai bekal untuk menjadi penyuluh antikorupsi bagi lingkungan kerjanya masing-masing.

091418-1

Workshop Penyuluh Anti Korupsi dilakukan dengan tujuan agar para pesertanya kompeten menjadi Penyuluh Antikorupsi, yang memiliki dasar-dasar penyukuhan antikorupsi, mampu melakukan penyadaran antikorupsi kepada kelompok sasaran, dan mampu meningkatkan kompetensi kelompok sasaran. Berdasarkan kebutuhan strategis Kementerian Keuangan, workshop ini dilakukan untuk mencetak penyuluh antikorupsi yang berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan.

091418-2

 

Pada hari pertama, workshop dibuka oleh Kepala Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Annies Said Basalamah, di Aula Gedung B Lantai 5. Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono, juga memberikan keynote speech dengan tema pengendalian gratifikasi dan pemberantasan korupsi. Setelahnya, para peserta dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mengikuti berbagai materi dalam kelas masing-masing. Hari-hari berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang berkompetensi dan simulasi penyuluhan antikorupsi.

091418-3

Selain kegiatan Workshop Penyuluh Anti Korupsi, Pusdiklat Pengembangan SDM juga menyelenggarakan Workshop Manajemen SDM Tingkat Tinggi yang berlokasi di Gedung K Lantai 1, Kompleks Kampus PKN STAN. Workshop yang diikuti oleh 25 orang peserta dengan level jabatan eselon IV dan eselon III ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan dalam pengelolaan kepegawaian.

091418-4

Dalam workshop ini, peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan dan pengembangan sikap para peserta pelatihan salah satunya dilakukan dengan cara sharing session praktik inovasi manajemen SDM yang dilakukan oleh beberapa unit Eselon I agar menjadi contoh bagi para pelaku manajemen SDM di satuan kerja unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, juga dilakukan Ceramah Current Issue Manajemen SDM yang dilakukan oleh Kepala Pusdiklat Pengembangan SDM untuk melengkapi berbagai sharing session yang dilakukan selama workshop.

091418-5

Paling Banyak Dibaca

  • PERAN PEJABAT/PANITIA PENERIMA HASIL PEKERJAAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH +

    Oleh Abu Samman Lubis* Abstrak       PjPHP/PPHP adalah salah satu pelaku pengaadaan, tugasnya adalah memeriksa administrasi hasil pekerjaan Baca Selengkapnya
  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016