Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan 1 : Urgensi Sikap Melayani

EF122018[Tangerang Selatan] Pada hari ini, Selasa, 6 Februari 2018 di tengah cuaca yang mendung Pusdiklat Pengembangan SDM menyelenggarakan Pelatihan Excellent Frontliner Angkatan 1 Tahun 2018. Pelatihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pegawai Kementerian Keuangan yang tugas fungsinya berada di garis terdepan organisasi dan secara langsung berhubungan dengan pihak luar dalam memberikan pelayanan prima terkait kehumasan, layanan informasi dan pengaduan, layanan administratif, dan penerimaan tamu di frontliner ini bertempat di Aula PHRD Pusdiklat Pengembangan SDM.

Kurang lebih Pukul 08.00 WIB, dihadapan 25 peserta dari seluruh unit eselon I Kementerian Keuangan, Kepala Pusdiklat Pengembangan SDM, Annies Said Basalamah membuka pelatihan secara resmi. Dalam sambutan pembukaannya Annies menyampaikan kepada peserta selain melaksanakan tugas untuk mengikuti diklat, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dengan peserta lain yang mungkin sudah sangat lama tidak bertemu. Diakhir sambutannya, Annies berharap agar peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga bisa meningkatkan kompetensi setelah mengikuti pelatihan ini.

Setelah membuka secara resmi, Kepala Pusdiklat PSDM melanjutkan dengan ceramah dengan tema urgensi sikap melayani yangEF132018 sejalan dengan pelatihan yaitu pelayanan prima. Diawal ceramahnya, Annies meminta pendapat kepada masing-masing peserta mengapa melayani secara prima itu penting. Tampak peserta sangat antusias bercerita tentang pengalaman selama melayani stakeholdernya. Annies kemudian melanjutkan dengan apa saja hambatan yang sering timbul dalam pelayanan dan mengakhiri ceramahnya dengan menyampaikan faktor – faktor penting dalam melayani yang salah satunya adalah kita harus ikhlas dan mencintai pekerjaan pelayanan karena hal tersebut akan memunculkan aura positif terhadap stakeholder yang dilayani.

EF142018Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari kerja yang dimulai hari ini tanggal 6 Februari 2018 dan berakhir pada hari Jumat, 9 Februari 2018. Sistem evaluasi pada pelatihan ini menggunakan Pre Test dan Post Test yaitu peserta diuji dengan roleplay bagaimana bersikap ketika menghadapi stakeholder.

Sementara itu di ruangan yang lain, diselenggarakan pula dua pelatihan yang sudah dimulai kemarin (6/1/2018) yaitu Pelatihan Peningkatan Kompetensi Eselon IV (Khusus DJP) yang bertempat di Ruang F208 dan Pelatihan Penerapan Kebijakan pada Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2018 bertempat di Ruang F206 dan F207 Gedung F Pusdiklat Pengembangan SDM. Untuk pelatihan Peningkatan Kompetensi Eselon IV (Khusus DJP), pelatihan dibuka oleh Kepala Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi Pusdiklat PSDM, Arif Rahmanto. ES41Dalam sambutan pembukaan, Arif menyampaikan bahwa paradigma baru dari LAN merubah dari awalnya diklat menjadi pelatihan karena aspek pendidikannya kurang kuat kalau bicara secara konteks pesertanya adalah orang yang memang sudah melaksanakan pekerjaan, bukan dilevel seperti mahasiswa. Jadi kita tidak menggunakan istilah pendidikan lagi tapi pelatihan. Arif menekankan bahwa pelatihan diberikan karena penilaian yang baik sehingga diikutikan dalam pelatihan namun memang salah satu kegiatan dalam pengembangan, yang menjadi area dari unit eselon 1 nya, ada berupa pembinaan, mutasi, kenaikan pangkat, promosi, dan sebagainya ataupun capacity building internal, dan ada yang masuk kedalam area Pusdiklat atau Balai Diklat Keuangan. Pelatihan ini diikuti sebanyak 29 peserta, diselenggarakan selama 5 hari kerja dengan total jam pelajaran sebanyak 41 jam pelajaran dan diagendakan berakhir pada hari jumat 9 Februari 2018. Pada hari ini peserta menerima materi Countinous Improvement yang diampu oleh Widyaiswara Ahli Madya Pusdiklat PSDM, Bambang Widjajarso.

ES412

Sedangkan untuk Pelatihan Penerapan Kebijakan pada Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2018 dibuka langsung oleh Kepala Pusdiklat Pengembangan SDM, Annies Said Basalamah. Hadir pula dalam acara pembukaan adalah Kepala Bidang Pengembangan Program Diklat Teknis dan Fungsional, Pusat Pengembangan dan Pembinaan Program Diklat (P3D) Lembaga Administrasi Negara, Bambang Suhartono, S.Sos, M.E., yang sekaligus mengampu materi pada hari pertama dan Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi Pusdiklat Pengembangan SDM, Arif Rahmanto. TOF1Dalam sambutan pembukaan dihadapan 60 peserta, Annies mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta menghadiri pelatihan ini. Kemudian Annies menyampaikan bahwa tahun ini Kementerian Keuangan menerima calon pegawai sejumlah 6670 orang yang diikutkan dalam pelatihan dasar (Latsar) CPNS. Sementara itu, untuk bisa mengampu dalam materi Latsar CPNS, pengajarnya harus mengikuti Pelatihan Penerapan Kebijakan pada Pelatihan Dasar CPNS terlebih dahulu sehingga ini menjadi bagian dari persyaratan yang harus dilaksanakan. Diakhir sambutan pembukaan, Annies berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa memberikan sumbangsih yang besar dengan menjadi fasilitator kepada adik-adik generasi berikutnya. Pelatihan ini sendiri diampu oleh pengajar dari LAN dan dari Pusdiklat PSDM. Pelatihan ini dibagi menjadi 2 kelas, Kelas A di ruang F206 dan Kelas B di ruang F207, dimana masing-masing kelas diisi sebanyak 30 peserta yang tidak hanya dari BPPK juga di unit eselon 1 lain di Kementerian Keuangan. Pelatihan ini diagendakan selesai pada hari jumat, 9 Februari 2018. Pada hari ini, peserta mendapatkan materi yang cukup padat meliputi manajemen penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS, konsepsi habiatuasi dan aktualisasi, pembelajaran studi lapangan dan konsepsi agenda sikap perilaku bela negara oleh Erna Erawati, S.Sos, M.Pol.Adm Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan LAN yang mengampu di kelas A dan Erfi Muthmainah, SS, MM Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN di kelas B.

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016