Kunjungan Jepang: Sharing Information Demi Wujudkan SDM Handal

JAKARTA (Pusdiklat Pajak) – Demi membentuk keterampilan yang cakap dan budi luhur, maka pendidikan dan pelatihan menjadi hal yang sangat penting dalam institusi pemerintahan. Di Indonesia, khususnya dalam Kementerian Keuangan, kebutuhan itu diwadahi dalam Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Sebagai salah satu bagian dari BPPK, Pusdiklat Pajak memegang peranan penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) perpajakan, khususnya SDM di Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Tak dipungkiri bahwa pengembangan kompetensi merupakan salah satu faktor suksesnya sebuah organisasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, kerja sama dengan institusi lain menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang perlu dilakukan.

 Pada hari Kamis, 1 Maret 2018, Pusdiklat Pajak menerima kunjungan dari Bapak Fushimi Toshiyuki (Nihon University College and Graduate School of Economics), Bapak Kobayashi Masahiko (International Tax Assistance and Contribution Services), Bapak Kosugi Naofumi (JICA Expert in Directorate General of Taxes) dan Ibu Kondo Yuriko (National Tax Agency/NTA).

Acara dibuka dengan beberapa patah kata sambutan oleh Kepala Pusdiklat Pajak, Hario Damar. Intinya dalam kesempatan ini beliau berharap kerja sama di antara mereka dapat terjalin dengan baik dan sharing information maupun sharing knowledge dapat dilakukan demi mewujudkan peningkatan SDM di instusi masing-masing. Setelah sesi penyambutan usai, acara dilanjutkan dengan diskusi santai yang dibagi dalam dua ruangan.

Ruang pertama digunakan oleh Bapak Fushimi, Bapak Kobayashi, Bapak Kosugi dan Bapak Hario. Mereka menanyakan hal-hal seperti struktur organisasi di Pusdiklat Pajak, bentuk diklat seperti apa saja yang diselenggarakan beserta durasi waktu. Selain itu mereka juga sempat menanyakan mengenai apakah ada kesempatan melakukan riset di Pusdiklat Pajak. Setelahnya ketiga delegasi bercerita bahwa menulis sudah menjadi budaya yang lekat dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Sejak jenjang SMA, mereka sudah dibiasakan untuk menulis. Bahkan saat bekerja, seorang atasan akan sangat detail mencermati tulisan bawahannya dan koreksi bisa terjadi berulang kali.

Pada waktu yang sama di ruang kedua, Bapak Supriyasruri selaku Kasubbid Program di Bidang Perencanaan dan Pengembangan Diklat menjelaskan struktur organisasi, proses bisnis di lingkungan BPPK dan proses pendidikan pegawai negeri sipil kepada Ibu Kondo Yuriko. Selanjutnya perwakilan dari NTA tersebut ganti menjelaskan mengenai struktur National Tax College (NTC) beserta pengajar-pengajarnya. NTC merupakan institusi pendidikan yang diperuntukkan mendidik pegawai pemerintahan pajak di Jepang. Seperti halnya Pusdiklat Pajak mendidik pegawai DJP. Namun, tidak seperti Pusdiklat Pajak yang mengambil pengajar (widyaiswara) dari pegawai DJP, NTC mengambil pengajarnya dari universitas-universitas lain di Jepang.

Setelah diskusi selesai, Bapak Hario menyerahkan kenang-kenangan berupa tenun ikat kepada para perwakilan dari Jepang. Bapak Supriyasruri menjelaskan bahwa kain tersebut berasal dari Nusa Tenggara Timur. Kain tersebut dibuat dengan cara menenun benang menggunakan alat tenun tradisional. Selain menjelaskan perihal kain, beliau juga menyebutkan keindahan alam di Kepulauan Nusa Tenggara dan Festival Komodo yang akan diadakan 5 – 10 Maret mendatang.

Usai penjelasan, para delegasi dari Jepang tersebut dibawa keluar untuk melakukan sesi foto bersama yang dilanjutkan dengan makan siang. Lalu kunjungan ditutup dengan berkeliling di asrama Pusdiklat Pajak.

 

 

 

 

 

 

 

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016