Guliran Apresiasi Motivasi dan Pesan dari Bu Sri Mulyani bagi Pegawai Kementerian Keuangan

[Manado] Kamis, 17 Januari 2019. Alunan Rayuan Pulau Kelapa yang dibawakan oleh tim paduan suara Kantor Wilayah DJP Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara menyambut kedatangan, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, di Gedung Keuangan Negara Manado. Hari Kamis (17/1) nampaknya akan menjadi hari yang tak terlupakan bagi ratusan pegawai Kementerian Keuangan di Provinsi Sulawesi Utara. Setelah mengisi kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi Manado, orang nomor satu di Kementerian Keuangan ini bersedia menyempatkan diri untuk hadir dan menyapa para pegawai yang disebutnya sebagai jantung utama dan aset paling berharga yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan.

Bersama Ibu Menteri turut menemani pula suami tercinta (Tonny Sumartono), Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara (Marwanto Harjowiryono), Direktur Jenderal Pajak (Robert Pakpahan), Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Isa Rachmatawarta), dan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Astera Primanto Bhakti). Ibu Menteri menyampaikan banyak hal bagi ratusan pegawai Kemenkeu yang memenuhi Gedung Keuangan Negara Manado. Apresiasi, motivasi, himbauan, dan pesan bergulir dari setiap untaian kata yang disampaikan.

Ibu Menteri mengapresiasi kinerja seluruh unit vertikal Kemenkeu di Wilayah Sulawesi Utara. Pencapaian yang dicapai memiliki konsistensi cerita yang sama dengan pencapaian di tingkat nasional. Gambarannya ditunjukkan melalui APBN tahun 2018 yang memiliki penguatan impresif dengan pertumbuhan penerimaan pajak dibanding tahun 2017 mencapai lebih dari 16% serta penerimaan bea dan cukai dalam dua tahun berturut-turut mencapai target di atas 100%. Lebih spesifik, Ibu Menteri mengucapkan terima kasih atas kinerja Kanwil DJP dan DJBC Provinsi Suluttenggo Malut tidak hanya atas kontribusi penerimaan pajak dan bea dan cukai, tetapi juga pelayanan dan kepastian hukum yang diberikan guna menciptakan iklim investasi yang baik. Kanwil DJPB Provinsi Sulawesi Utara atas pelayanan maksimal hingga detik akhir untuk menutup tahun anggaran 2018. Serta Kanwil DJKN Provinsi Suluttenggo Malut atas terselesaikannya revaluasi aset dan audit oleh BPK.

speech

Arahan Bu Sri Mulyani Indrawati terhadap Para Pegawai Kemenkeu Provinsi Sulawesi Utara

Indonesia selama tahun 2018 mengalami guncangan yang tidak mudah, baik itu dari sisi alam, kebijakan ekonomi di negara maju, maupun kondisi geopolitical. Tugas Kemenkeu, sebagai pengelola keuangan negara, harus selalu mampu menjaga perekonomian negara dengan menggunakan instrumen keuangan negara. Ke depan tidak akan mudah, karena tantangan global dan domestik tidak akan semakin mudah. Perjalanan hidup suatu negara tidak bisa hanya diukur melalui “satu event” saja, karena kondisi mundur ketika konsisten maju itu pasti terjadi. Yang membedakan Indonesia untuk menjadi negara yang menjanjikan untuk terus merdeka, adil, dan makmur adalah karena kita percaya dalam situasi apapun kita akan mampu mengatasi dan maju kembali. Pada saat mengalami kemenangan dan prestasi, kita memiliki sikap rendah hati untuk mengakui bahwa prestasi dan kinerja tersebut merupakan hasil kerja keras dan dedikasi loyalitas serta dukungan tangan Tuhan (kepercayaan/keimanan). Sebagai institusi yang bekerja dalam suatu sistem yang memiliki peranan penting dalam kemajuan negara, setiap peran pegawai akan memberikan kontribusi bagi negara. Ibu Menteri berpesan “Never underestimate yourself. The way you treat your job is exactly the way you treat your country”. Di manapun anda berada, di posisi apapun, di fungsi apapun, di tanggung jawab apapun, anda adalah bagian yang sangat penting dari tubuh Kemenkeu dan Indonesia. Oleh karena itu, lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, kecintaan, kebanggaan, keinginan dan ambisi untuk membuat yang baik menjadi lebih baik lagi, tetapi jangan terlena akan pujian.

Tahun 2019 Ibu Menteri mengajak untuk menghadapi dengan sikap optimis disertai kewaspadaan dan kehati-hatian. Selain itu, tahun 2019 adalah tahun politik sehingga tidak akan mudah. Jagalah sikap, perilaku, dan cara bergaul yang tidak menimbulkan perpecahan. Jangan menyikapi perbedaan secara berlebihan. Hormatilah perbedaan itu sebagai suatu wahana untuk menjadi bijaksana. Perbedaan membuat kita makin kaya, kaya akan perspektif, kaya untuk memahami, kaya untuk mengetahui betapa dunia tidak hanya satu versi. Jadikan Kemenkeu sebagai role model dalam Ke-bhineka tunggal ika-an yang bisa dijalankan sehari-hari dalam pergaulan dan pekerjaan.

Keberhasilan kita menjadi kementerian yang terbaik adalah karena keberhasilan kita menjalankan pekerjaan sesuai dengan value yang sudah disepakati bersama. Profesionalisme, Integritas, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Apapun prestasi yang sudah dicapai kita akan selalu berupaya untuk mencapai kesempurnaan. Menuju kesempurnaan adalah insting manusia untuk selalu dekat dengan penciptanya. Tetap selalu jaga semangat Anda.

foto-bersama

Ibu SMI bersama Para Punggawa Kantor BDK Manado

 

Never underestimate yourself. The way you treat your job is exactly the way you treat your country. (SMI, 2019)

 

 

 

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016