Pentingnya Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS

[Manado] 23 Januari 2018. Alenia keempat pembukaan UUD 1945 mengamanatkan Negara (dalam hal ini Pemerintah) untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Guna memenuhi kewajiban tersebut, Negara membutuhkan sumber daya, baik sumber daya alam, sumber daya modal, maupun sumber daya manusia. Indonesia sejatinya telah memiliki ketiga jenis sumber daya tersebut, tetapi masih membutuhkan pengelolaan yang tepat dalam pemanfaatannya.

Sumber daya manusia dalam pemerintahan tentu saja diperoleh melalui penerimaan pegawai negeri. Berdasarkan data terakhir (20 November 2017) dari Badan Pusat Statistik, hingga akhir tahun 2016 terdapat sekitar 4.374.349 PNS yang terdaftar di BKN dengan rincian sebanyak 918.444 adalah PNS Pusat, 301.781 PNS Provinsi, dan sisanya 3.154.124 merupakan PNS Kabupaten/Kota. Jumlah PNS ini mewakili rasio sebesar 1,67% dari jumlah penduduk Indonesia (261 juta jiwa).

Pegawai negeri memiliki peranan yang menentukan dalam merumuskan kebijakan strategis hingga implementasinya dalam berbagai sektor pembangunan. Agar dapat menjalankan peran tersebut secara efektif dan efisien, diperlukan sosok PNS profesional yang berkarakter dan mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya. Merujuk pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, sebelum diangkat menjadi PNS, para calon PNS (CPNS) wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses Diklat Terintegrasi (Pelatihan Prajabatan) untuk membangun integritas moral, kejujuran, motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme, serta kompetensi bidang.

Balai Diklat Keuangan Manado, sebagai salah satu unit penyelenggara pelatihan di lingkungan Kementerian Keuangan, diberikan amanat untuk menyelenggarakan pelatihan prajabatan (disebut sebagai Pelatihan Dasar Calon PNS) Golongan II selama empat periode pada tahun 2018. Periode pertama pelatihan dasar CPNS telah dimulai secara resmi pada hari Selasa, 23 Januari 2018. Sebanyak 60 peserta pelatihan akan menjalani sebanyak 1.161 Jam Pelatihan dengan rincian sebanyak 288 JP merupakan pelatihan di lingkungan Balai dan 853 JP merupakan pelaksanaan pembelajaran non klasikal (aktualisasi) di tempat kerja.

 

Pembukaan

Drone-2.2

Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I di BDK Manado

Pada akhirnya, yang paling utama dan perlu ditanamkan bagi PNS, khususnya para calon PNS, bahwa menjadi pegawai negara pada dasarnya adalah menjadi pelayan publik, sehingga kepuasan masyarakat menjadi prioritas utama dalam tugas dan tanggung jawabnya. Semoga melalui pelatihan dasar ini akan terbentuk para punggawa pelayan masyarakat yang berintegritas dan memiliki kompetensi sesuai dengan tugas kerjanya.

 

 

Tahukah kamu!!

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB) memproyeksikan bahwa selama tahun 2016 hingga 2020, sebanyak 752.271 PNS akan memasuki batas usia pensiun. Sehingga berdasar kebijakan rasionalisasi PNS, jika jumlah PNS saat ini telah ideal, maka dibutuhkan sebanyak 752.271 PNS baru pada tahun 2020.

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016