Peserta Pelatihan Teknis Petugas TPT Melakukan Observasi Lapangan ke PT Taspen Malang dan Bank Mandiri KC Malang

Kamis 17 Januari 2019, Peserta Pelatihan Teknis Petugas TPT melakukan Observasi Lapangan atau OL ke Kantor PT. Taspen Cabang Malang dan Kantor Cabang Bank Mandiri Wahid Hasyim. Ini merupakan salah satu metode pembelajaran dalam memahami materi Ketentuan, Prosedur Kerja dan Kelengkapan Dokumen. 
Dalam observasi lapangan ini, peserta pelatihan yang berjumlah 30 orang, dibagi ke dalam 2 kelompok observasi, dan masing-masing kelompok didampingi oleh 1 orang widyaiswara, dan 1 orang panitia BDK Malang. Widyaiswara yang mendampingi kegiatan tersebut adalah Widyarini dan M. Bahrun Nawawi dari BDK Malang.

Setiap pelatihan yang diselenggarakan BDK Malang memang memiliki karakteristik dan ke-khas-an masing-masing. Karakteristik utama pembeda setiap diklat dapat dengan mudah terlihat dari kurikulum diklat tersebut. Proses penyusunan kurikulum pelatihan yang dilakukan oleh Pusdiklat dan stake holder terkait membuat satu diklat berbeda dari diklat lainnya. Diawali dari perumusan tujuan pelatihan, konten materi pokok, materi penunjang, ceramah, jenis evaluasi, metode delivery, kualifikasi peserta, hingga kualifikasi bagi pengajar yang akan mengampu diklat.

Dalam observasi lapangan ini peserta diajak untuk melihat, memahami, dan menganalisa bagaimana perosedur kerja, pelaksanaan kebijakan, serta kelengkapan dokumen kerja di kedua lokasi tersebut. Harapannya dengan mengamati dan mengalami langsung, peserta dapat lebih dalam memahami materi yang diajarkan dalam pelatihan ini. 

Hasil observasi lapangan ini kemudian akan dituangkan peserta dalam bentuk laporan observasi yang akan dipresentasikan pada akhir sesi materi ini.

 20190117 170112 0001

Peserta TPT melakukan wawancara langsung dengan petugas Bank Mandiri KC Malang

 

20190117 170040 0001

Peserta TPT melakukan wawancara langsung dengan petugas Customer Service Bank Mandiri KC Malang

 

20190117 165851 0001

Peserta TPT mengunjugi PT Taspen Malang

 

20190117 165424 0001

Peserta TPT berfoto di depan PT Taspen Malang

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016