Launching Hari Inovasi “BDPIM Membumi”

(Magelang, 8 Juni 2018)  Rangkaian Kegiatan menuju Innovation Day Balai Diklat Kepemimpinan sampailah pada titik puncaknya. Dengan jargon baru “BDPIM Membumi” (Membumbungkan Inovasi), Balai Diklat Kepemimpinan resmi melaunching gerakan budaya inovasi pada Kamis, 7 Juni 2018.

Inovasi

Hari Inovasi Balai Diklat Kepemimpinan sebenarnya sudah digagas sejak tahun 2017, namun baru  resmi ditetapkan pada bulan ini. Langkah menuju nya pun  tidak tiba-tiba, ada beberapa perencanaan dan kegiatan untuk mengawalinya.

Langkah awal adalah pembekalan pengtahuan kepada pegawai Balai Diklat Kepemimpinan  dengan diadakannya beberapa knowledge sharing, yang terdiri dari :

  1. Knowledge Sharing  Fotografi  oleh Gathot Subroto, Widyaiswara Denpasar yang difokuskan pada membuat gambar
  2. Knowledge Sharing materi  Diagnostic Reading oleh Hindri Asmoko, Widyaswara Balai Diklat Kepemimpinan
  3. Knowledge Sharing Berpikir Kreatif oleh Supriyanto, Widyaiswara Balai Diklat Kepemimpinan
  4. Knowledge Sharing  Motif dan Energi dalam Membangun Tim Efektif, oleh Hari Sugiharto dan Suradi, Widyaiswara Balai Diklat Kepemimpinan

Setelah Knowledge Sharing dilaksanakan, setiap seksi menyusun rencana proyek inovasi dengan terlebih dahulu melakukan diagnosa perubahan pada masing-masing unit. Proses penyusunan rencana proyek dibuat sedemikian rupa seperti penyusunan proyek perubahan pada Diklat Kepemimpinan. Pada pembimbingan terdapat Mentor dan Coach bagi setiap seksi. Yang membedakan adalah penguji diganti dengan Reviewer yang berasal dari Widyaiswara Balai Diklat Kepemimpinan. Reviewer ini dimaksudkan agar Proyek Inovasi setiap seksi semakin komprehensif.  Adapun Proyek Inovasiyang dipresentasikan oleh masing-masing seksi sebagai berikut:

 

  1. Kalender Layanan Terpadu Kepegawaian dan Keuangan “Klangenan” Melalui Aplikasi Google Cloud (Subbagian Tata Usaha dan Kepatuhan Internal)
  2. Modernisasi Penyelenggaraan Diklat  menuju Kepuasan Stakeholder pada Balai Diklat Kepemimpinan Magelang (Seksi Penyelenggaraan)
  3. Optimalisasi Pelaksanaan Kegiatan Komunikasi Publik pada Balai Diklat Kepemimpinan (Seksi Evaluasi dan Informasi)

 

Acara Inti Launching hari inovasi dilaksanakan di Gedung B  Kampus Radius Prawiro agar pegawai juga merasakan apa yang dirasakan oleh peserta diklat. Disamping itu sebagai penanda sebelum dilaksanakan renovasi Gedung B ditahun ini. Kepala Balai, Heni Kartikawati menyampaikan 3 prinsip terkait dengan hari inovasi, BDPIM Membumi yaitu:

 

  1. Mengedepankan Inovasi,
  2. Secara Berkelanjutan menyampaikan gagasan inovasi dan dimasukan dalam Bumbung Inovasi,
  3. Inovasi BDPIM yang Adaptif dan Aplikatif.

 

Disamping Launching Hari Inovasi tersebut, Balai Diklat Kepemimpinan juga melaunching icon baru Balai Diklat Kepemimpinan yang terinspirasi dari cerita yang disampaikan alumni. Icon tersebut bernama Paklek Pothil, yang dimaksudkan untuk mengubah mindset dari negatif ke sesuatu yang positif sesuai dengan esensi inovasi menuju arah yang lebih baik. So... innovate or die?

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016