Angkat Kearifan Lokal dalam Peresmian Pendopo Mulyatno Sindhudarmoko

"Ngelmu Iku Kalakone Kanthi Laku"
"Lekase Lawan Kas"
"Tegese Kas Nyantosani"
"Setya Budaya Pangekese Dur Angkara"

 

Bait Tembang Macapat Pocung dari Serat Wedhatama karya Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro IV, Raja Surakarta mengalun indah dalam Peresmian atas Pemugaran Pendopo "Mulyatno Sindhudarmoko" hari ini, Jum’at Kliwon, 9 Februari 2018 di Balai Diklat Kepemimpinan, Magelang.

 

Tembang yang memberi pesan bahwa pentingnya seseorang menuntut ilmu secara tuntas dengan benar-benar dikuasai, dimengerti, dan dijalankan dengan kesungguhan dalam kehidupan nyata agar terhindar dari angkara murka tersebut sangat senada dengan  keberadaan Balai Diklat Kepemimpinan, sebagai kampus kepemimpinan di Kementerian Keuangan.

Pendopo 2

Pendopo yang diresmikan mengandung ajaran yang luhur bagi kehidupan, lebih-lebih bagi kepemimpinan. Pendopo yang terbuka sejalan dengan pemimpin yang  bersifat terbuka dan menerima siapapun tanpa membeda-bedakan. Pendopo yang beratap luas dan lebar, selaras dengan seorang pemimpin yang memberikan pengayoman bagi orang-orang yang membutuhkan perlindungan, bantuan serta pertolongan di setiap waktu dengan tulus ikhlas. Bahwa Pendopo dengan beraneka ragam ukiran dan pahatan pun ada maksudnya terkait kepemimpinan, yaitu agar pemimpin senantiasa menuntut ilmu agar berwibawa, teguh pendirian, serta berprinsip yang kuat berlandaskan ilmu sejati.

Pendopo  yang diresmikan merupakan pendopo yang mengalami renovasi pada tahun 2017. Pendopo sebagai ikon Balai Diklat Kepemimpinan ini bernama Pendopo Mulyatno Sindhudarmoko, sesuai dengan nama Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan pertama yang menjabat pada tahun 1975 s.d 1988. Sebelum Tahun 1984, Pendopo ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Pemerintah Kabupaten Magelang yang selanjutnya berpindah di Kota Mungkid.

Peresmian atas Pemugaran Pendopo secara resmi dilakukan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Astera Primanto Bhakti dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita sebagai tanda peresmian. Acara Peresmian ini dihadiri oleh  tamu undangan istimewa yang berasal dari internal dan eksternal BPPK, yang terdiri atas Pejabat Struktural dan Pegawai BPPK yang berasal dari semua Unit Eselon II dan Balai Diklat, serta tamu undangan yang berasal dari KPPN Magelang, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Jawa Tengah, KPTIK BMN Semarang, Kantor Wilayah Direktorat Jendaral Pajak Jawa Tengah  I, , Kantor Wilayah Direktorat Jendaral Pajak Jawa Tengah  II, KPP Temanggung, KPP Pratama Magelang, Kantor Bea dan Cukai Magelang, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta, KPP Pratama Kebumen, KPP Pratama Purworejo, Kantor DJKN Jawa Tengah dan DIY, KPPN Purworejo, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Daerah Istimewa Yogyakarta, Bank Jateng Cabang Koordinator Magelang, Bank Mandiri Magelang, Kodim 0705 Magelang, Masjid Agung Kota Magelang, Museum BPK RI, Pemerintah Kota Magelang, Polres Magelang Kota, dan Trio Plaza.

Pendopo 1

Upacara Peresmian berlangsung cukup hikmat dan berbeda karena mengangkat kearifan lokal, yakni budaya jawa.  Pembawa acara menyampaikan susunan acara dengan bahasa jawa diiringi musik gamelan yang melantunkan tembang-tembang indah penuh petuah. Punokawan, pengikut ksatria dalam khasanah kasusastraan jawa (Pewayangan) yang terdiri atas Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong dihadirkan sebagai penanda acara. Kepala Balai Diklat Kepemimpinan, Heni Kartikawati sebagai tuan rumah menyampaikan sekapur sirih dengan bahasa jawa, senada dengan agungnya pendopo yang sarat dengan ajaran moral yang luhur terhadap kehidupan manusia di dunia, khususnya dalam budaya Jawa. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dalam perjalanan menuju lokasi penandatangan prasasti dan pemotongan pita diantarkan oleh cucuk lampah atau pembuka jalan yang mengenakan beskap dan blangkon, pakaian adat jawa.

Kearifan lokal sangat tampak dalam Peresmian pendopo Balai Diklat Kepemimpinan pagi ini. Semuanya sarat  makna, budaya dan filosofi, memberikan warna istimewa sebelum rapat kepemimpinan dimulai. Peresmian Pendopo hari ini  juga mengingatkan semua bahwa “Ilmu Itu bisa dikuasai dengan cara, Cara menguasainya dengan berusaha keras memperkokoh karakter. Karakter yang kokoh akan menjauhkan diri dari watak angkara”

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016