Menyiapkan Calon Asesor Jabatan Fungsional Analis Anggaran (JFAA)

[Jakarta] Pada hari Senin, 11 Februari 2019 telah dibuka Pelatihan Asesor Kompetensi di Ruang 601 Pusdiklat Keuangan Umum. Pada Pelatihan yang dijadwalkan berlangsung selama lima hari ke depan ini, Pelatihan dikhususkan untuk menyiapkan asesor dalam rangka implementasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran (JFAA) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Anggaran.

IMG 5819

Pelatihan Asesor Kompetensi adalah pelatihan yang didesain untuk meningkatkan kompetensi asesor di lingkungan Kementerian Keuangan, dalam melakukan uji kompetensi pada jenis dan kualifikasi profesi tertentu.

Desain pembelajaran Pelatihan Asesor Kompetensi bertujuan agar para lulusan pelatihan mampu melakukan perencanaan dan pengorganisasian asesmen, melakukan ases kompetensi, dan melakukan pengembangan perangkat asesmen dalam ruang lingkup kompetensi teknis sesuai dengan bidang masing-masing sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

JFAA berkedudukan sebagai pejabat fungsional di bidang penganggaran dalam pengelolaan APBN pada Kementerian/Lembaga. Jabatan Fungsional Analis Anggaran merupakan jabatan kategori keahlian dengan jenjang Analis Anggaran Pertama (Gol. III/a dan III/b), Analis Anggaran Muda (Go. III/c dan III/d), Analis Anggaran Madya (Gol. IV/a, IV/b, dan IV/c), dan Analis Anggaran Utama (Gol. IV/d dan IV/e).

Peran JFAA Pemerintah Pusat nantinya adalah memberikan rekomendasi (operasional dan strategis) berbasis analisis yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada JPT atau pejabat struktural untuk pengambilan keputusan, sehingga menciptakan peningkatan kualitas proses penganggaran.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia, Sekretariat Direktorat Jenderal Anggaran, Bapak Dony Wijanarko, dalam ceramah pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat spesial, peserta diwajibkan hadir 100% dalam tatap muka pelatihan dan mengikuti ujian sertifikasi asesor kompetensi.

IMG 5815

 

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, para calon asesor JFAA memiliki kemampuan yang terstandar dalam melakukan Inpassing, Training, Uji Kompetensi, dan Sertifikasi secara baik dan profesional sehingga menghasilkan JFAA yang berkualitas.

Paling Banyak Dibaca

  • MENGUPAS TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA DALAM APBN 2019 +

    Kebijakan fiskal yang dijalankan pemerintah tahun 2019 ini diberi Tema “APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing Melalui Pembangunan (Investasi) Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016