Dampak dan Motif Korupsi

Pelatihan Penyusunan Laporan yang Efektif Angkatan IV yang dimulai pada 28 November 2018, memasuki hari terakhir pelatihan pada 20 November 2018. Materi Ceramah yang merupakan salah satu materi pada pelatihan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Agung Heru Pranyoto.

Penyusunan Laporan yang Efektif IV 1
Di hadapan 23 peserta yang berasal dari berbagai unit di Kementerian Keuangan, Agung Heru Pranyoto menekankan untuk mampu membentuk sikap dan perilaku yang amanah, jujur, dan mampu mencegah terjadinya korupsi di lingkungan masing-masing.

Korupsi yang berasal dari bahasa Latin, Corruptio-Corrumpere yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik atau menyogok, menurutnya berdampak antara lain menghambat pemerataan alokasi sumber daya dan pembangunan nasional, uang negara berkurang dan mengakibatkan penurunan penerimaan dan pengurangan fasilitas, dan nama baik organsasi jatuh, dalam hal ini Kementerian Keuangan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat gencar menangkap tangan sejumlah penyelenggara pemerintah dan kepala daerah lantaran bertransaksi suap. Agung Heru Pranyoto menambahkan, motif dilakukan tindak pidana korupsi yang disebut dengan Teori Gone, adalah Ketamakan (Greed Driven), Opportunities, Dorongan Kebutuhan (Needs Driven), dan Exposure.

Setelah penyampaian ceramah berakhir, Pelatihan Penyusunan Laporan yang Efektif Angkatan IV Tahun Anggaran 2018 yang merupakan angkatan yang terakhir pada tahun ini ditutup secara resmi oleh Agung Heru Pranyoto.

Paling Banyak Dibaca

  • PERAN PEJABAT/PANITIA PENERIMA HASIL PEKERJAAN DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH +

    Oleh Abu Samman Lubis* Abstrak       PjPHP/PPHP adalah salah satu pelaku pengaadaan, tugasnya adalah memeriksa administrasi hasil pekerjaan Baca Selengkapnya
  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016