Sifat Keadilan dan Hukum adalah Berkekuatan Memaksa dan Mengeksekusi Setiap Pelanggarnya

 

Balikpapan (BDK Balikpapan) – Di hari Senin, Minggu kedua bulan September, dilaksanakan pembukaan 2 Pelatihan Teknis sekaligus, ada Pelatihan Teknis Juru Sita Pajak juga Pelatihan Teknis Pengelolaan BMN bagi Pengguna Barang, senin yang unik dikarenakan bertepatan dengan harpitnas “hari kecepit nasional” dikarenakan esok selasa terdapat tanggal merah peringatan tahun baru hijriyyah.

Sebanyak 24 peserta yang terdiri dari 22 pegawai DJP dan 2 Bapenda Prov. Kalsel digodok untuk siap dikukuhkan menjadi Juru Sita Pajak Negara juga Daerah, selain itu terdapat 22 peserta dijadwalkan mengikuti rangkaian pelatihan selama 16 hari kerja kedepan untuk menimba bekal mengamankan aset negara di masa depan.

Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara semi-militer dengan melibatkan tim dari Lanud Balikpapan untuk mendampingi kualitas upacara juga mata pelatihan pembentukan karakter untuk Pelatihan Teknis Juru Sita Pajak.

“Pelatihan ini diselingi libur sehari, barangkali ada Bapak/Ibu yang besok selasa berminat jalan-jalan di Kota Balikpapan” beber Master of Training (MoT) Juru Sita Sri Santoso ketika pengarahan program, Balikpapan, Senin.

 

 

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Surya Hadi menjadi Inspektur Upacara seraya membuka secara resmi kedua pelatihan teknis didampingi oleh Kepala BDK Balikpapan, Mutasim Billah. Dalam sambutannya, Surya mengatakan bahwa juru sita sangat erat kaitannya dengan menjunjung tinggi keadilan yang berkekuatan hukum sempurna dan memaksa, oleh karena itu perlu memahami peraturan dengan sebenar-benarnya, akar masalah berdasarkan fakta di lapangan juga komunikasi persuasif kepada wajib pajak (WP) agar upaya mengamankan hak negara tidak mengabaikan hak WP.

“Kata Kunci dari Juru Sita adalah eksekutorial penagihan secara aktif hingga terbit surat paksa yang berkekuatan hukum sempurna di bawah Undang-Undang sebagai landasan tindakan penagihan selanjutnya, demi keadilan berdasarkan ketuhanan yang maha esa ” tegas Surya, Balikpapan, Senin.

Acara dilanjutkan dengan pisah kelas kemudian diisi ceramah Kebijakan Teknis untuk Juru Sita dan ceramah current issue untuk Pengelolaan BMN. Karena pelatihan ini memiliki jenjang karir yang strategis, setelah pelatihan diadakan ujian untuk mengukur seberapa layak peserta ditugaskan menjadi juru sita pajak negara ataupun petugas BMN yang andal dalam mengamankan aset negara.

 

Paling Banyak Dibaca

  • Tetap Waspada! Penipuan Mengatasnamakan BPPK +

    Beredar surat palsu yang mengatasnamakan BPPK tentang "Diklat Sertifikasi Bendahara Tahun 2018." Dengan ini BPPK memberitahukan bahwa surat tersebut adalah Baca Selengkapnya
  • Menggagas Bentuk Birokrasi 4.0 +

    Oleh Siko Dian Sigit Wiyanto Dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang merupakan kelanjutan revolusi industri 3.0. Revolusi industri Baca Selengkapnya
  • Amunisi Baru untuk Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Keuangan 2019 +

    (Jakarta) – Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2019 segera datang di bulan Januari. Pelatihan yang Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016