Tiga Diklat dan Dua Lokakarya di Awal Maret

[Bogor/ 6 Maret 2017]

Penerapan sistem penganggaran berbasis kinerja di Indonesia telah memberi banyak kemajuan terhadap sistem pengelolaan keuangan negara. Pemerintah melakukan penataan arsitektur dan informasi kinerja RKA-KL dengan menggunakan pendekatan kerangka logika (logic model) program dengan basis pada outcome yang komponennya terdiri atas outcome, output, aktivitas, input, dan indikator dan target untuk masing-masing outcome dan output.

 

Terkait pengaggaran, Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan tiga diklat dan dua lokakarya, yaitu Diklat Penyusunan Spesifikasi Teknis dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS), Diklat Analis Anggaran: Perencanaan APBN, Diklat Bendahara Pengeluaran APBN Angkatan lll, Lokakarya Implementasi Arsitektur dan Informasi Kinerja bagi Pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Angkatan ll, dan Lokakarya Implementasi Standar Struktur Biaya Penganggaran bagi Unit Vertikal Penugasan Khusus Teknologi Informasi di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

170306a

 

Kepala Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan berkesempatan membuka diklat dan lokakarya secara resmi pada hari ini, Senin/ 6 Maret 2017 pada pukul 8.00 WIB di Aula Gedung Cattleya Lantai lll Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan. Pada sambutan saat pembukaan, Kapala Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaa, Iqbal lslami, menyampaikan,”Pada tahap pelaksanaan anggaran, Bendahara Pengeluaran merupakan pihak yang secara langsung berhadapan dengan pengeluaran uang persediaan. Dalam pengeloaan uang persedian, seorang Bendahara Pengeluaran bertanggung jawab secara pribadi apabila terjadi kerugian negara akibat kesalahan atau kelalaian dalam pengeloaan uang persediaan. Selain itu, pegawai yang melakukan penyusunan spesifikasi teknis dan harga perkiraan sendiri pengadaan barang/jasa harus paham betul mengenai tanggung jawab yang diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku.”

 

170306b

 

Beliau melanjutkan,”Untuk pegawai Ditjen Anggaran, tugas perencanaan APBN bukanlah hal yang mudah. Para analis anggaran harus mampu dan menguasai ilmu ­ter-update mengenai perencanaan APBN. Selain ketiga diklat tersebut, Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan juga menyelenggarakan dua lokakarya yang mana keduanya diikuti oleh pegawai Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Bedanya, Lokakarya Implementasi ADIK berhubungan dengan penyusunan perencanaan dan penganggaran satuan kerja berdasarkan rencana kinerja dan standar struktur biaya yang disepakati, sedangkan Lokakarya Implementasi Standar Struktur Biaya Penganggaran bagi Unit Vertikal Penugasan Khusus Teknologi Informasi membahas penyusunan perencanaan dan penganggaran satuan kerja berdasarkan standar struktur biaya yang disepakati.

Rentang waktu pelaksanaan diklat dan lokakarya berbeda-beda, diantaranya: Lokakarya Implementasi Standar Struktur Biaya Penganggaran bagi Unit Vertikal Penugasan Khusus Teknologi Informasi di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan diselenggarakan pada tanggal 6 s.d. 8 Maret 2017, Diklat Penyusunan Spesifikasi Teknis dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Lokakarya Implementasi Arsitektur dan Informasi Kinerja bagi Pegawai di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Angaktan II diselenggarakan pada tanggal 6 s.d. 9 Maret 2017, sedangkan Diklat Analis Anggaran: Perencanaan APBN dan Diklat Bendahara Pengeluaran APBN Angkatan III diselenggarakan tanggal 6 s.d. 10 Maret 2017 bertempat di Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan.

170306c

 

 

 

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016