Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jumat, 14 Februari 2020 17:25 WIB

                                                                                                                                                                                                     

Yang Beda dari Latsar CPNS 2020

 

(Jakarta) Jarum jam menunjukkan pukul 08.00 WIB ketika para calon ASN Kementerian Keuangan tampak berjajar rapi di aula Gedung G Kompleks PKN STAN Bintaro. Di barisan terdepan, seorang penggawa dengan baju rapi dan model rambut cepak ala tentara militer berdiri tegak dengan pandangan lurus. Beberapa saat kemudian Budi Setiawan, Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi Pusdiklat PSDM, yang bertindak sebagai inspektur upacara, memasuki aula. Beriringan dengan hal tersebut, komandan upacara menyiapkan barisannya.



Upacara pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan II Periode I Tahun 2020 berjalan dengan khidmat. Dalam ceramahnya, Budi menyampaikan bahwa seorang PNS harus dapat menjawab tantangan era revolusi industry 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. "Di era sekarang ini, belajar tentang digital adalah sebuah keharusan. Tidak ada lagi passion kalau tentang digital. Digital or die." tegas Budi.



Latsar CPNS Golongan II Periode I dibuka secara serentak di 12 lokasi berbeda di seluruh Indonesia. Selain lokasi pelatihan yang diselenggarakan di Jakarta, Latsar CPNS Golongan II Periode I juga diadakan di Balai Diklat Keuangan (BDK) Medan, BDK Pekanbaru, BDK Palembang, BDK Cimahi, BDK Yogyakarta, BDK Malang, BDK Pontianak, BDK Balikpapan, BDK Denpasar, BDK Makassar dan BDK Manado. Sebanyak 1010 peserta akan menjalani pelatihan on campus tahap pertama selama 3 minggu, mulai tanggal 12 Februari s.d. 4 Maret 2020. Berbeda dari sebelumnya, jika sebelumnya Latsar CPNS yang berlokasi di Jakarta dilaksanakan di Gedung Wisma Duta Wiyata (WDW) dan Pamentas, pada tahun 2020 ini Latsar juga dilaksanakan di Kompleks PKN STAN Bintaro, Tangerang Selatan.