Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Rabu, 18 November 2020 14:19 WIB

[Jakarta] Pelatihan Jarak Jauh terbaru Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan tajuk Pelatihan Effective Coaching, Mentoring, and Counseling Skills Level Intermediate meluncur pada minggu ketiga bulan November 2020 dan langsung diselenggarakan dalam dua angkatan. Dua Angkatan pelatihan tersebut berturut-turut diselenggarakan pada 16 s.d. 17 November (Angkatan I) dan 18 s.d. 19 November (Angkatan II).


Hasil survei terkait pengetahuan coaching, mentoring, dan counseling


Pelatihan Effective Coaching, Mentoring, and Counseling Skills Level Intermediate adalah sebuah pelatihan yang diperuntukkan bagi Pejabat Pengawas dan Administrator di lingkungan Kementerian Keuangan. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari e-learning Pelatihan Dasar-Dasar Coaching, Mentoring, and Counseling yang diselenggarakan pada minggu sebelumnya, Keduanya merupakan rangkaian pembelajaran dengan tema yang sama, termasuk di dalamnya action learning yang akan dilakukan peserta untuk mempraktikkan coaching, mentoring, dan/atau mentoring di unit kerjanya masing-masing setelah menyelesaikan pelatihan.


Plt. Kapusdiklat PSDM membuka Pelatihan Effective Coaching, Mentoring, and Counseling Skills Level Intermediate


Plt. Kepala Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Budi Setiawan, membuka kedua Effective Coaching, Mentoring, and Counseling Skills Level Intermediate Angkatan I dan II dalam dua kesempatan yang berbeda. Kepada peserta untuk tiap-tiap angkatan, Budi menekankan bahwa pengalaman peserta merupakan sumber belajar dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sharing pengalaman dan pengetahuan sangat diharapkan silih berganti datang dari para peserta dengan dipandu para pengajar (widyaiswara) yang memfasilitasinya.


Peserta, pengajar, dan penyelenggara mengikuti dan menyimak agenda pembukaan pelatihan


Secara bergantian, dua widyaiswara Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Herru Widiatmanti dan Ita Hartati memandu jalannya pelatihan dengan membedah polling, memberikan penjelasan, membuka diskusi, hingga mengajak para peserta untuk langsung mempraktikkan materi dalam sesi role playing. Tingginya jam terbang dari dua widyaiswara andal ini membuat suasana pembelajaran menjadi asyik, santai, tetapi tetap berbobot dan bermakna.


Antusiasme peserta terhadap PJJ Effective Coaching, Mentoring, and Counseling Skills Level Intermediate


Dua widyaiswara pemandu pelatihan


Masih terkait PJJ, Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali menyelenggarakan Pelatihan Service Excellent bagi para pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), khususnya para frontliners yang berperan sebagai garda terdepan pemberian layanan kepada stakeholders. Pelatihan yang memasuki angkatan ke-3 ini diikuti oleh para frontliners yang tidak hanya berasal dari pegawai DJKN yang berstatus PNS, tetapi juga oleh pegawai yang bertatus sebagai PPNPN (Pegawai Pemerintas Non-Pegawai Negeri).


Budi Setiawan membuka Pelatihan Service Excellent bagi Frontliners DJKN Angkatan III


Setelah dibuka oleh Plt. Kapusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Selasa pagi, 17 November 2020, puluhan pegawai yang mengikuti pelatihan tersebut kemudian dihadapkan dengan Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat, Bernadette Yuliasari Mulyatno, yang bertindak sebagai perwakilan DJKN untuk memberikan pengantar terkait urgensi pelatihan service excellent bagi di lingkungan DJKN.


Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat DJKN, Bernadette Yuliasari Mulyatno, memberikan pengantar terkait pentingnya service excellent


"Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya DJKN memperbaiki layanan kepada stakeholders," ujar Deta, sapaan Bernadette. Deta menjelaskan bahwa penyempurnaan yang dilakukan meliputi aspek infrastruktur, proses bisnis, dan SDM. "Pelatihan ini bagian dari aspek-aspek tersebut, bagian dari peningkatan kualitas SDM," tandasnya. Lebih lanjut, Deta juga menambahkan perubahan mindset tentang pelayanan juga harus berubah di kalangan pegawai DJKN, khususnya bagi frontliners yang dituntut selalu memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholders.


Para frontliners DJKN, perserta Pelatihan Service Excellent bagi Frontliners Angkatan III


Di luar PJJ, terdapat tiga e-learning Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berjalan di minggu yang sama dengan tiga pelatihan di atas. Ketiga e-learning itu adalah Pelatihan Kode Etik dan Kode Perilaku PNS Kementerian Keuangan Angkatan X, Pelatihan Peningkatan Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural Pelaksana Angkatan XIX, dan Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Angkatan II. Ketiganya dimulai bersamaan pada 16 November 2020 dan menggunakan platform Kemenkeu Learning Center (KLC) sebagai media pembelajarannya. (RFA)





Berita Terbaru