Jl. Purnawarman No 99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Selasa, 04 Februari 2020 10:42 WIB


[Jakarta] Selasa, 4 Februari 2020, Kepala Pusdiklat Pengembangan SDM, Annies Said Basalamah, membuka sekaligus memberikan ceramah pembukaan pada Pelatihan Coaching for Leaders pada Senin, 3 Februari 2020 di area Asrama Kampus PKN STAN, Tangerang Selatan. Sehari setelahnya, bertempat di Aula Gedung B Lantai 5, Annies kembali membuka dan memberikan ceramah pembukaan. Kali ini untuk Pelatihan Talent Development Program (TDP) Level Basic bagi Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Angkatan III.

 


Kepada lima belas orang pejabat eselon IV peserta Pelatihan Coaching for Leaders, Annies mengatakan, "Salah satu tugas atasan adalah melakukan coaching dan mentoring." Annies menjelaskan bahwa pegawai-pegawai yang memiliki kompetensi rendah dapat dikembangkan dengan coaching. "Dan di Kemenkeu menjadi tugas atasan untuk mengembangkan potensi bawahan yang salah satunya dengan coaching," tegas Annies.

 

Lebih lanjut, Annies memaparkan sebagai bagian dari coaching atasan harus memahami sisi lain bawahan di luar pekerjaan kantor, seperti urusan personal atau keluarga yang harus dihargai dan berpotensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Hal tersebut yang membutuhkan waktu tunggu dan sisi empati dari atasan. "Beda cerita kalau persoalan terkait organisasi, harus segera diselesaikan," ujar Annies.


 

Sementara itu, kepada seratus orang peserta TDP Level Basic DJP Angkatan III, Annies mengatakan bahwa setiap orang adalah pemimpin. Namun demikian, Annies mengatakan jangan mengandalkan pemimpin. Karena pada hakikatnya "Good leader were good followers," ujarnya. Annies menjelaskan, seorang pemimpin akan menjadi pemimpin yang baik jika memiliki ability (capability), attitude and personality, hold certain value, and be highly self motivated.


 

Selain dua pelatihan di atas, Pusdiklat Pengembangan SDM juga menyelenggarakan satu pelatihan lainnya yang juga berlokasi di area Kampus PKN STAN. Pelatihan tersebut adalah Pelathan Excellent Frontliners Angkatan II. Pelatihan yang diikuti oleh 29 orang peserta ini dibuka oleh Kepala Bidang Penjenjangan Pangkat dan Peningkatan Kompetensi, Budi Setiawan. Melalui pelatihan ini para pesertanya diharapkan dapat berkembang keterampiannya dalam melaksanakan tugas sebagai frontliner di unit kerjanya masing-masing. (RFA)





Berita Terbaru